Sabtu, Juli 6

Jakarta

Google akan meluncurkan Pixel 9 dalam waktu dekat dengan sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah layanan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang diberi nama Google AI.

Menurut laporan Android Authority, Google AI merupakan layanan serupa Galaxy AI di ponsel Samsung dan Apple Intelligence di iPhone. Google AI akan membawa beberapa fitur baru, termasuk fitur ‘Pixel Screenshots’ yang mirip seperti Microsoft Recall yang kontroversial.

Bagi yang belum familiar, Recall adalah fitur yang diumumkan Microsoft untuk PC Copilot Plus yang bisa menangkap semua aktivitas di perangkat pengguna dan menggunakan AI untuk mencari informasi yang dicari dengan cepat. Tapi fitur ini dikritik karena masalah privasi dan Microsoft menunda peluncurannya.


Pixel Screenshot yang digarap Google sedikit berbeda dari Recall. Deskripsi yang ditemukan Android Authority mengatakan Pixel Screenshot hanya akan memproses screenshot yang diambil pengguna.

Berkat fitur ini, pengguna bisa memanfaatkan AI untuk mencari screenshot dan merangkum isinya atau menjawab pertanyaan terkait informasi di dalamnya. Google juga akan menyimpan metadata seperti link, nama aplikasi, dan kapan screenshot diambil untuk mempermudah pencarian screenshot.

Pengguna bisa mematikan fitur Pixel Screenshot dengan klik tombol yang ada di Pengaturan. Fitur Pixel Screenshot menggunakan on-device AI jadi tidak ada data yang dikirimkan ke cloud, seperti dikutip dari 9to5Google, Rabu (3/7/2024).

Selain Pixel Screenshot, Google AI juga akan memiliki fitur ‘Add Me.’ Menurut deskripsinya, fitur kamera ini bisa membuat semua orang terlihat di foto grup. Sepertinya fitur ini akan jadi pelengkap fitur ‘Best Take’ yang sudah tersedia di Pixel 8 series.

Ada juga fitur ‘Studio’ yang merupakan nama baru untuk aplikasi ‘Creative Assistant’ yang sudah dirumorkan sebelumnya. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat stiker dan gambar lainnya menggunakan AI.

Google akan memperkenalkan Pixel 9 dan Google AI pada 13 Agustus mendatang. Pixel 9 series kabarnya akan hadir dalam tiga varian dengan desain kamera belakang baru yang mirip seperti kapsul berukuran besar.

(vmp/fay)

Membagikan
Exit mobile version