Sabtu, Agustus 31

Jakarta

Google akhirnya menghentikan dukungan Google Play Services untuk perangkat yang menjalankan Android Lollipop. Pengguna yang masih setia menggunakan sistem operasi ini diminta update ke versi terbaru.

Google pertama kali merilis Android 5.0 Lollipop versi stabil pada November 2014, jadi usianya sudah hampir 10 tahun saat disuntik mati. Update ini memperkenalkan Material Design generasi pertama untuk Android, dan langsung diikuti update Android 5.1 pada Maret 2015

Ketika ponsel dan tablet Android tidak lagi menerima update sistem operasi dan keamanan, perangkat tersebut masih menerima update Google Play terbaru. Layanan ini mendukung fitur seperti backup, autentikasi dua faktor, serta fitur lainnya untuk pengembang aplikasi.


Google berhenti memperbarui layanan Play untuk versi Android ketika jumlah perangkat yang menjalankan sistem operasi sudah sangat sedikit. Dalam kasus Android Lollipop, jumlah perangkat aktif yang menjalankan sistem operasi ini kurang dari 1%.

Perangkat yang menjalankan Android Lollipop masih bisa berfungsi seperti biasa. Namun perangkat itu tidak akan menerima fitur baru, update keamanan penting, dan mungkin tidak kompatibel dengan beberapa aplikasi yang mengandalkan Google Services.

Untuk kasus yang terakhir, saat ini sudah banyak aplikasi sensitif seperti mobile banking, media sosial, dan messaging populer yang hanya mendukung Android versi tiga generasi terakhir.

“Kami sangat menganjurkan pengguna untuk upgrade ke Android versi lebih baru untuk mendapatkan fitur terbaru dan peningkatan keamanan,” kata juru bicara Google dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari 9to5Google, Senin (15/7/2024).

Setelah menghentikan dukungan Play Services untuk Android Lollipop, Google bisa fokus kepada perangkat dengan hardware yang lebih canggih dan sistem operasi yang lebih baru. Apalagi saat ini mereka sedang mempersiapkan Android 15 versi stabil.

Saat ini update untuk Google Play Services tersedia untuk Android 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru. Sistem operasi ini kemungkinan akan menyusul nasib Android Lollipop dalam waktu dekat.

Simak Video “Google Bakal Hapus Riwayat Lokasi Pengguna di Google Maps
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)

Membagikan
Exit mobile version