Rabu, Oktober 16

Jakarta

Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Bahrain di kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung Kamis (10/10/2024) lalu menyisakan kekecewaan mendalam bagi para pendukung Timnas Garuda. Pasalnya, wasit Ahmed Al-Kaf dianggap berat sebelah dan menguntungkan tim tuan rumah.

Kekecewaan tersebut meluap ke dunia maya. Netizen Indonesia beramai-ramai meluapkan kekesalannya dengan menyerbu kolom komentar akun Instagram AFC. Tak hanya itu, kemarahan netizen juga menyasar Google Maps Bahrain.

Sejumlah lokasi dan jalan di Bahrain mendadak berubah nama menjadi “AFC Mafia” di Google Maps. Beberapa di antaranya adalah:


  • Soup Kitchen yang berubah menjadi AFC Mafia Fullus.
  • Nama jalan dan tempat umum lainnya juga diubah menjadi AFC Mafia.

Rating beberapa tempat di Google Maps Bahrain turun drastis. Di kolom review, warganet +62 ramai menuliskan sindiran AFC Mafia, berikut beberapa di antaranya:

“AFC adalah federasi yang rusak! Dinasti presiden AFC dari Bahrain yang telah mencalonkan diri selama 3 periode harus dibubarkan!” ujar Andy K.

“Wakkakaa 90+6=99..best match,” kata Diky Ardian.

Diberitakan sebelumnya akun Instagram @afcasiancup memposting video singkat gol Rafael Struick yang menggetarkan gawang Bahrain dan membuat Indonesia sempat unggul 2-1.

“Rafael Struick’s first senior goal for Team Garuda,” demikian tulisan di caption atas gol pertama Rafael Struick untuk Timnas Indonesia senior. Gol yang dicetak pada menit ke-74 itu dinilai memukau, di mana tendangan Struick yang pelan tapi melengkung tak dapat diantisipasi oleh kiper Bahrain.

Namun seperti diketahui, gol cantik Struick gagal membawa Indonesia meraup kemenangan. Mohamed Marhoon menyarangkan gol penyama kedudukan di menit ke-99. Gol tersebut dianggap kontroversi lantaran waktu tambahan di masa injury time hanya enam menit, tapi wasit tak juga meniup peluit.

Netizen Indonesia jelas tak terima dan sampai saat ini terus melancarkan protes, termasuk dalam unggahan gol Struick itu yang mendapat banyak komentar negatif dari netizen terkait jalannya pertandingan dan kepemimpinan wasit.

Tagar #afcmania juga banyak bermunculan di kolom komentar yang berkumandang sebagai aksi protes pada kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf yang berasal dari Oman. AFC dinilai turut bertanggung jawab atas hasil akhir yang kontroversial tersebut dan juga didesak untuk melakukan investigasi.

Simak Video ‘#AFCMafia Trending di X, Netizen: 90+6=99’:

[Gambas:Video 20detik]


(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version