Jumat, Oktober 11


Jakarta

Rafael Struick mencetak gol perdananya buat Timnas Indonesia senior ke gawang Bahrain. Gol itu dicetak dalam penampilan ke-18 sang striker muda.

Rafael Struick membobol Bahrain pada matchday ketiga Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Bahrain National Stadium, Kamis (10/10/2024). Gol itu membuat Garuda sempat unggul 2-1 setelah sempat tertinggal 0-1 lebih dulu dan laga berakhir sama kuat 2-2.

Pemain yang kini memperkuat Brisbane Roar itu pertama kali membela timnas senior melawan Palestina pada 14 Juni 2023. Kemudian ia memainkan laga keduanya saat Indonesia kedatangan Argentina di Jakarta pada 19 Juni.


Sejak saat itu Struick terus diberi kepercayaan mengisi lini depan Timnas Indonesia. Meski gol tidak kunjung datang, Struick selalu dipasang Shin Tae-yong.

Sejak debutnya itu, Timnas Indonesia memainkan 22 laga di berbagai ajang; dari uji coba, Piala Asia 2023, hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Cuma empat laga saja Struick tidak tampil ataupun absen dalam rentang waktu itu.

Striker lain kerap datang dan pergi seperti Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, hingga yang terbaru Malik Risaldi. Tapi pos lini depan tetap menjadi milik Struick yang kokoh berdiri.

Adapun Rafael Struick juga menjadi andalan Shin Tae-yong di kelas U-23. Total dua gol disumbang Struick di ajang Piala Asia U-23 2024 yang dua-duanya dicetak ke gawang Korea Selatan.

Total baru tiga gol yang disumbang Struick bersama timnas senior dan U-23, yakni satu gol buat timnas senior dan dua gol bersama U-23.

(mro/aff)

Membagikan
Exit mobile version