Rabu, Oktober 23

Jakarta

Qualcomm bakal merilis chipset terbarunya, Snapdragon 8 Elite, dalam waktu dekat. Kendati belum diumumkan, kinerja chipset tersebut bakal bikin melotot.

Pasalnya bukan peningkatan kecil yang bakal ditawarkan. Chipset ini konon membawa lonjakan performa yang signifikan mencapai hampir 50% lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 3, dalam pengujian benchmark AnTuTu.

OnLeaks dan Smartprix telah mengungkapkan skor Antutu Snapdragon 8 Elite yakni 3.025.991. Chip tersebut diuji pada Realme GT7 Pro .


Perangkat ini akan menjadi salah satu perangkat pertama yang diluncurkan dengan SoC tersebut. Meskipun ada kemungkinan besar akan hadir setelah Xiaomi 15 atau OnePlus 13.

Sebagai perbandingan, OnLeaks dan Smartprix menunjukkan skor yang diraih Snapdragon 8 Gen 3 hanya 1.651.728. Peningkatan performa ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi para gamer dan pengguna smartphone yang menginginkan pengalaman mobile yang lebih powerful dan responsif.

Perbandingan Snapdragon 8 Elite dan Gen 3. Foto: Onleaks dan Smartprix

Sebelumnya bocoran mengungkap Snapdragon 8 Elite akan dibangun di atas proses fabrikasi 3nm TSMC, menjanjikan efisiensi daya dan kinerja yang lebih baik. Chip ini memiliki delapan inti, terdiri dari dua core kinerja dan enam core efisiensi. Qualcomm diyakini telah mengadopsi arsitektur Nuvia in-house.

Sekadar informasi, Nuvia didirikan oleh mantan insinyur Apple dan diakuisisi oleh Qualcomm pada tahun 2021. Bahkan chip laptop seri Snapdragon X perusahaan didasarkan pada arsitektur ini.

Terbukti, berdasarkan bocoran hasil uji Geekbench dari Digital Chat Station, Snapdragon 8 Elite meraih skor fantastis. Pada uji single-core didapat 3.236, sedangkan multi-core meraih 10.049.

Tentu hasil sebenarnya musti menunggu pengumuman resminya. Menurut kabar Qualcomm akan merilis Snapdragon 8 Elite pada 21 Oktober mendatang.

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version