Senin, Oktober 7


Jakarta

Madrid mengikuti kota-kota besar dunia dalam hal larangan sewa skuter listrik. Alasannya adalah operator tidak memenuhi persyaratan.

Pihak berwenang di Madrid telah mengumumkan bahwa mereka akan mencabut izin operasi perusahaan penyewaan skuter listrik Lime, Dott dan Tier. Itu adalah langkah yang akan membuat skuter listrik sewaan dilarang beroperasi di jalanan ibu kota Spanyol.

Mengutip CNN, Minggu (6/10/2024), Wali kota Madrid, José Luis Martínez-Almeida, mengumumkan keputusan tersebut pada awal September lalu. Kemudian dewan kota menerbitkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa ketiga perusahaan tersebut telah gagal memenuhi persyaratan izin yang ditetapkan.


Dewan mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut menghalangi upayanya untuk menginspeksi operasi mereka dengan tidak memberikan informasi yang diperlukan atau memberikan akses ke dalam perusahaan mereka.

Meskipun demikian, dewan tersebut mengatakan bahwa mereka telah berhasil memastikan bahwa mereka tidak memenuhi persyaratan izin.

“Kegagalan-kegagalan ini termasuk kurangnya layanan di seluruh kota, kurangnya cakupan asuransi dan tidak adanya teknologi yang mencegah kendaraan beredar atau parkir di area-area terlarang,” katanya.

Lime, Dott dan Tier adalah perusahaan yang dipilih untuk menawarkan penyewaan skuter listrik di Madrid. Izin yang diberikan untuk masing-masing perusahaan sebanyak 2.000 skuter.

Keputusan dewan tersebut berarti skuter sewaan akan menghilang dari kota mulai Oktober ini. Setelah proses pencabutan izin dimulai, perusahaan-perusahaan tersebut memiliki waktu 20 hari untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Seorang juru bicara Dott mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah menerima pemberitahuan resmi dari balai kota Madrid.

Madrid bukanlah kota pertama yang mengambil tindakan terhadap penyewaan skuter listrik. Pada bulan Agustus, para pejabat di kota Melbourne, Australia, memutuskan untuk melarang penyewaan skuter listrik, dengan alasan masalah keamanan setelah adanya ratusan pengaduan dan laporan kecelakaan.

Pada bulan April 2023, penduduk Paris memberikan suara untuk melarang penyewaan skuter listrik di ibu kota tersebut, dan larangan ini akan mulai berlaku pada akhir Agustus, saat kontrak operator skuter tersebut berakhir.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version