Minggu, September 22
Jakarta

Indonesia terkenal dengan ribuan gugusan pulau-pulau berikut pesisir pantainya. Salah satu yang memesona adalah Gili Labak Sumenep.

Gili Labak terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau ini berada di Selat Madura, tepatnya di sebelah tenggara Pulau Madura.

Luas Gili Labak hanya sekitar 5 hektare dengan penduduk yang tinggal di pulau tak kurang dari 100 orang. Untuk menuju ke Gili Labak pengunjung bisa berangkat dari pelabuhan Tanjung menyewa kapal nelayan.


Perjalanan kurang lebih 2 jam. Begitu kapal nelayan yang saya tumpangi merapat ke pesisir pantai Gili Labak, pandangan mata saya langsung melihat hamparan pasir pantai putih yang lembut.

Gili Labak kondisinya saat itu sepi dari pengunjung. Namun berdasarkan keterangan penduduk setempat setiap harinya kunjungan wisatawan memang tidak terlalu ramai.

Jadi boleh dibilang Gili Labak nuansanya hening dan cocok jadi tempat healing bagi yang ingin rehat sejenak dari keramaian. Beberapa spot cantik tersedia di Gili Labak seperti anjungan dermaga, ayunan pantai, papan petunjuk arah, dan plang nama wisata.

Untuk kebutuhan makan dan minum, penduduk setempat ada yang mempunyai warung makan sederhana dan menjual makanan dan minuman buat pengunjung.

Gili Labak juga terkenal akan keindahan biota bawah lautnya. Bagi penggemar snorkling bisa menumpang kapal nalayan untuk mengantarkan sedikit ke tengah laut supaya bisa snorkeling dengan nyaman.

Terumbu karang yang kini terjaga membuat biota laut berkembang dengan baik. Dari atas perahu nelayan saja jika ditaburkan remah-remah roti makan ikan-ikan warna-warni langsung bermunculan ke permukaan air laut.

Membagikan
Exit mobile version