Jumat, Juni 28


Hamburg

Laga Grup F Euro 2024 yang pertemukan Georgia vs Republik Ceko tuntas tanpa pemenang. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1.

Bermain di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Sabtu (22/6/2024), Georgia sempat unggul duluan. Penalti Georges Mikautadze di akhir babak pertama membawa keunggulan 1-0 atas Ceko.

Ceko baru membalas di babak kedua. Patrick Schick merobek gawang Georgia, dan memastikan skor imbang 1-1 hingga akhir laga.


Hasil ini membuat Ceko dan Georgia berbagi poin, dan mengemas poin pertamanya di Euro 2024. Sementara keduanya berada di peringkat tiga dan empat Grup F, di bawah Turki dan Portugal, yang sudah mengemas 3 poin. Kedua tim akan bermain pada Sabtu (23/6) dini hari nanti.

Jalannya Pertandingan

Ceko mendominasi Georgia sejak awal. Anak asuh Ivan Hasek banyak mengancam gawang Giorgi Mamardashvili.

Adam Hlozek dan Patrick Schick menjadi ancaman nyata barisan pertahanan Georgia. Kerja sama keduanya beberapa kali nyaris menghadirkan gol untuk Ceko.

Di menit ke-23, gol bahkan sempat dicetak Hlozek. Namun, gol dianulir VAR usai bola lebih dulu mengenai tangan striker Republik Ceko tersebut sebelum masuk ke gawang Georgia.Georgia sendiri cukup kesulitan membangun serangan.

Upaya Kvicha Kvaratskhelia dkk banyak diblok barisan belakang Ceko, dan beberapa bola mati bisa diredam. Situs UEFA mencatat, tak ada ancaman berarti ditebar Georgia hingga memasuki menit ke-35, berbanding 6 shots on target dari Ceko.

Dominasi Ceko sendiri tak mampu menghadirkan gol. Serangan yang tergesa-gesa membuat banyak peluang terbuang. Malah Georigia yang mendapat keberuntungan jelang istirahat.

Di menit akhir babak pertama, Georgia mendapat penalti usai pemain Republik Ceko, Robin Hranac melakukan handball, yang terbukti usai dicek VAR. Penalti kemudian dieksekusi dengan baik oleh Georges Mikautadze, yang mampu mengecoh Jindrich Stanek. Gol, Georgia unggul 1-0.

Di sisa waktu, Ceko sempat berusaha mengejar. Namun, tak ada gol bisa dicetak, sehingga skor 0-1 untuk keunggulan Georgia tetap bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Ceko kembali mengambil inisiatif tekanan. Schick langsung mengancam gawang Georgia di menit ke-51, namun sundulannya bisa diblok lawan.

Delapan menit berselang, Ceko akhirnya bisa menyamakan skor. Schick yang menjebol gawang Georgia, lewat skema sepak pojok.

Berawal dari tendangan sudut, Ondrej Lingr bisa menanduk bola, namun membentur tiang di sisi kanan. Schick yang berada di depannya bisa meneruskannya menjadi gol. Skor menjadi 1-1.

Ceko lebih nyaman usai skor kembali imbang. Beberapa peluang bisa dihadirkan lewat Ladislav Krejci dan Matej Jurasek, namun belum membuahkan hasil.

Sementara Georgia kembali kesulitan membangun skema serangan terbuka. Kvicha Kvaratskhelia sempat melepaskan percobaan, namun upayanya masih belum tepat sasaran dari gawang Ceko . Hingga laga tuntas, tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga laga bubar.

Susunan Pemain

Georgia: Giorgi Mamardashvili, Saba Kverkvelia (Giorgi Gvelesiani 81′), Guram Kashia, Lasha Dvali, Georgiy Tsitaishvili (Luka Lochoshvili 62′), Zuriko Davitashvili (Giorgi Chakvetadze 62′), Anzor Mekvabishvili, Giorgi Kochorashvili, Otar Kakabadze, Georges Mikautadze (Giorgi Kvilitaia 88′), Khvicha Kvaratshkelia (Saba Lobjanidze 82′)

Republik Ceko: Jindrich Stanek, Ladislav Krejci, Robin Hranac, Tomas Holes, David Jurasek (Petr Sevcik 81′), Tomas Soucek, Lukas Provod (Antonin Barak 81′), Vladimir Coufal, Adam Hlozek (Ondrej Lingr 55′), Vaclav Cerny (Matej Jurasek 55′), Patrick Schick (Mojmir Chytil 68′)

(yna/aff)

Membagikan
Exit mobile version