Kamis, Oktober 10

Jakarta

Douyin — TikTok versi China — punya rival kuat bernama Kuaishou yang baru-baru ini meluncurkan layanan text-to-video bernama Kling AI.

Kling AI ini menawarkan layanan mirip Sora milik OpenAI. Yaitu bisa membuat video menggunakan AI berdasarkan perintah teks. Kling AI saat ini masih ada pada tahap uji coba, dan baru bisa membuat video berdurasi dua menit dengan resolusi 1080p, namun dalam bermacam rasio aspek.

Kehadiran Kling AI ini hanya beberapa bulan setelah OpenAI merilis Sora. Kehadirannya ini langsung menghebohkan media sosial. Dari contoh-contoh video yang dipamerkan, tampaknya Kling AI ini setidaknya punya kemampuan yang mendekati Sora.


Layanan ini bisa menerjemahkan perintah untuk membuat video yang menyerupai dunia nyata, serta menciptakan adegan imajinasi berdasarkan perintah berbasis teks, kurang lebih begitu deskripsi dari Kuaishou.

Dalam beberapa video yang didemonstrasikan oleh Kuaishou, salah satunya adalah sebuah video yang menunjukkan seekor kucing putih sedang mengendarai mobil di jalanan perkotaan yang ramai, lengkap dengan gedung pencakar langit dan trotoar dengan pejalan kakinya.

Ada juga seorang bocah menggunakan kacamata yang sedang memakan cheese burger di restoran cepat saji, dan seorang anak mengendarai sepeda di taman, dan memperlihatkan perubahan musim, demikian dikutip detikINET dari Techradar, Rabu (12/6/2024).

[Gambas:Twitter]

Namun tentu saja harus diingat kalau contoh-contoh yang dipamerkan ini pasti adalah hasil pemilihan yang sangat ketat. Akan banyak contoh lain yang bisa saja gagal.

Selain masih ada pada tahap uji coba — dan ada waiting list untuk bisa menjajal layanan ini –, tak diketahui juga apakah nantinya Kling AI akan tersedia untuk pengguna di luar China. Sementara itu OpenAI menyebutkan Sora mungkin akan tersedia untuk publik pada akhir tahun ini.

Jika Kling AI sukses, bukan tak mungkin nantinya mereka bisa mengalahkan popularitas Douyin di China, atau bahkan TikTok secara global. Namun sisi buruknya adalah, akan semakin sulit untuk membedakan video yang beredar di dunia maya, apakah dihasilkan oleh AI atau benar-benar terjadi.

Simak Video “Sora dari OpenAI Mampu Hasilkan Video dari Text
[Gambas:Video 20detik]

(asj/fay)

Membagikan
Exit mobile version