Minggu, Oktober 6

Jakarta

Data BPS Agustus 2023 menunjukkan 70,37% pengangguran terbuka di Jakarta adalah usia 15-29 tahun alias Gen Z. Cawagub Rano Karno menawarkan pelatihan digital.

“Dunia digital ini dunia yang bisa dijamah anak-anak. Untuk itu kita akan bangun balai rakyat. Di sana akan menjadi tempat BLK (balai latihan kerja) modern,” Rano Karno dalam Debat Pilgub Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) malam.

Menurut tokoh berjuluk Si Doel ini, BLK ini adalah yang modern dengan komputer untuk dunia digital. Gen Z ini diarahkan untuk memiliki keahlian digital seperti animasi komputer dan menjadi kreator konten.


“Banyak swasta buka sekolah animasi, tapi banyak sekali jurusan seperti ini. Mungkin kita aneh mendengar, banyak anak Indonesia menjadi kreator animasi dunia,” kata Rano Karno.

Dia mengambil contoh film Avatar dari Hollywood melibatkan 18 anak muda Indonesia sebagai pekerja animasi. Untuk itu, Rano yakin ada potensi Gen Z mendapatkan peluang pekerjaan asalkan diarahkan sesuai bidang yang pas seperti menjadi talenta digital.

“Hotline 24 jam menjadi utama agar mereka punya guidance apa yang mesti kerjakan, lakukan supaya penjurusan untuk Gen Z ini tidak salah arah,” pungkasnya.

(fay/asj)

Membagikan
Exit mobile version