Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Cesc Fabregas dinilai memiliki filosofi permainan yang mirip dengan Pep Guardiola. Hal itu dirasakan oleh Maximo Perrone yang pernah dilatih keduanya.

Perrone merupakan gelandang bertahan asal Argentina yang kini bermain untuk Como, tim asuhan Fabregas. Ia dipinjam dari Manchester City selama semusim ke depan dengan opsi perpanjangan durasi.

Karena baru bergabung dengan City pada Januari 2023 dan langsung dipinjamkan ke Las Palmas pada Agustus tahun yang sama, Perrone hanya sebentar merasakan arahan Guardiola. Ia pun hanya dua kali tampil di tim utama. Selain masih hijau, di posisinya ada Rodri.


Namun ilmu yang ia dapat tetap berharga. Dan ketika ia bertemu Fabregas musim ini, pemain 21 tahun itu melihat kesamaan ide bermain dengan yang diterapkan Guardiola.

“Jarang menemukan tim dengan gaya main seperti ini di Italia. Tak banyak tim yang melakukan hal serupa,” ujar Perrone kepada La Gazzetta dello Sport.

“Fabregas memiliki DNA yang sama dengan Guardiola. Dia ingin menguasai bola, memasang pressing tinggi, dan membawa banyak pemain ke area tengah lapangan. Saya pikir aspek-aspek ini adalah kekuatan kami,” jelas Perrone yang mengidolakan Rodri itu.

Bersama Fabregas, Como yang berstatus tim promosi sempat kesulitan. Mereka hanya meraih dua poin dari empat laga awal. Namun dua kemenangan beruntun atas Atalanta dan Hellas Verona membuat mereka naik ke papan tengah.

Fabregas dan Guardiola memiliki latar belakang yang sama, yakni didikan Barcelona. Hal ini diyakini turut berperan dalam cara berpikir kedua pelatih tersebut dalam menerapkan ide permainan di lapangan.

(adp/mrp)

Membagikan
Exit mobile version