Kamis, Oktober 3


Jakarta

Hyundai Kona Electric diklaim bisa menjangkau jarak jauh hanya sekali ngecas penuh. Lebih dari 500 km bisa dituntaskan mobil listrik yang memakai baterai buatan Indonesia ini. Kami pun ditantang membawa Kona Electric menjelajah jarak jauh.

Kali ini, detikOto menguji Kona Electric dari Grand Kota Bintang Bekasi sampai dengan Semarang. Berdasarkan Google Maps, jarak yang harus kami tempuh kira-kira 419 km sampai tiba di Hotel Tentrem Semarang.

Kondisi baterai sudah terisi 99 persen dengan perkiraan jarak tempuh yang tertera di layar MID 468 km. Dari data itu, harusnya sangat cukup untuk menjangkau jarak ke Semarang tanpa mengecas ulang di tengah perjalanan.


Hyundai Kona Electric yang kami coba adalah tipe Signature Long Range. Di atas kertas, Hyundai Kona Electric Signature Long Range bisa menjangkau jarak hingga 549 km. Tapi, itu banyak faktornya sehingga daya jangkaunya bisa saja lebih sedikit kalau diterapkan di jalan raya.

Secara spesifikasi, Hyundai Kona Electric Signature Long Range mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 66 kWh. Baterai itu menjadi sumber tenaga untuk motor berdaya 217 PS dengan torsi maksimal 255 Nm.

Agar bisa memaksimalkan jarak tempuh, kami berkendara secara eco driving. Kecepatan maksimal adalah 90 km/jam dan menggunakan Eco Mode. Regenerative braking diset Auto. AC diatur dengan temperatur 17 derajat celcius dan fan speed 1.

Selama perjalanan ke Semarang, kami beristirahat dua kali, pertama di Rest Area Km 207 A Tol Palikanci dan kedua di Rest Area Km 379A Batang. Pemberhentian hanya untuk beristirahat, tidak untuk mengecas di SPKLU.

Hyundai Kona Electric Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Berangkat dari sekitar pukul 9.00, kami tiba di Semarang pada pukul 18.00. Berdasarkan data di layar MID, mobil digeber selama 7 jam (tidak termasuk waktu istirahat). Total jarak yang ditempuh adalah 412,8 km (berdasarkan data di MID). Untuk menempuh jarak itu, dari kondisi baterai 99 persen kini tersisa 15 persen dengan daya jangkau 66 km. Masih sangat cukup untuk berkeliling Semarang sampai bertemu SPKLU lagi.

Konsumsi listrik rata-ratanya untuk perjalanan dari Bekasi ke Semarang mencapai 7,5 km per kWh. Jadi, terbukti mobil ini aman untuk dibawa ke Semarang tanpa recharge lagi di tengah perjalanan.

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version