Sabtu, September 14


Jakarta

Adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, bercerita soal proyek air bersih yang digarapnya di sekitar kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Proyek air bersih tersebut telah digarap Hashim sebelum proyek IKN dimulai.

Hal ini disampaikannya dalam sambutan di acara APEC BAC Indonesia: Optimisme Dunia Usaha dalam Bermitra dan Menyongsong Pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Salah satu proyek saya menyediakan air bersih untuk Balikpapan dan Samarinda, terus ada IKN. Ya saya kira perlu dong (proyek air bersih masuk ke IKN), dari pada semua air ke Balikpapan dan Samarinda, masa saya tidak alihkan ke IKN?,” kata Hashim, di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024).


Hashim mengaku telah beraktivitas di sekitar kawasan IKN sejak 15 tahun

“Saya memang dari dulu sudah ada di sana, belum ada ikn sudah ada di sana, sudah 15 tahun. Saya penghuni penduduk IKN, tanah saya di dalam IKN, hutan saya sebagian ada di IKN,” ujarnya.

Dalam catatan detikcom, Hashim membeli lahan di IKN seluas 265.000 ha pada 2007 silam. Tanah itu dibelinya dari perusahaan kayu dan bergerak di sektor kehutanan dari Amerika Serikat (AS). Kemudian pada 2013 ia melepaskan lahan sejumlah 93.000 ha ke masyarakat dan pemda.

Setidaknya ada 4 proyek yang sudah atau akan digarap Hashim di sisa lahan dekat IKN Nusantara itu. Pertama, ada reboisasi lahan atau penanaman kembali pohon secara tumpang sari dengan luas 172.000 Ha. Kedua, ada proyek biofuel. Ketiga, ada proyek bikin konservasi satwa liar di lahan hutan seluas 19.000 ha. Keempat adalah proyek air bersih.

Selama ini proyek air bersih telah dialirkan ke berbagai kota di Kaltim seperti Balikpapan, Samarinda, Bangun, Tenggarong, serta berbagai industri yang ada di sekitarnya. Hal itu sudah dilakukan sejak 2016, tiga tahun sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lokasi IKN baru di Kaltim.

“Jadi tidak ada geopolitik, tidak ada bagi-bagi proyek, saya sudah ada jauh sebelum ibu kota diumumkan. Secara kebetulan saja letaknya persis di sebelah hutan saya dan lahan saya dan beberapa proyek saya,” kata Hashim dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/2/2022).

(shc/hns)

Membagikan
Exit mobile version