Minggu, Oktober 6


Jakarta

Hasyim Asy’ari diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua dan Anggota KPU RI buntut tindak asusila yang dilakukannya. Pemberhentian Hasyim akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) sebagai tindak lanjut dari putusan DKPP.

Presiden Joko Widodo mengatakan berkas pemberhentian itu belum sampai ke mejanya. Ia mengatakan masih dalam proses administrasi.

“Keppres belum masuk ke meja saya. Dalam proses, proses administrasi. Biasa saja,” kata Jokowi usai meninjau RSUD Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (4/7/2024).


Jokowi menghormati putusan DKPP yang memberhentikan Hasyim. Ia pun memastikan Pilkada 2024 berjalan lancar.

“Pemerintah menghormati kewenangan DKPP dalam memutuskan, dan pemerintah juga akan memastikan bahwa pilkada dapat berjalan dengan baik, lancar, jujur dan adil,” ujarnya.

Wapres Ma’ruf Amin turut mengomentari pemecatan Hasyim. Sama seperti Jokowi, Ma’ruf menghormati keputusan DKPP.

“Kita menghormati, itu sudah jadi keputusan DKPP ya,” kata Ma’ruf Amin di Surabaya, Kamis (4/7/2024).

Ma’ruf menyebut DKPP punya alasan kuat dalam memutuskan pemecatan Hasyim. Menurutnya, hal itu sepenuhnya memang menjadi kewenangan DKPP.

“Tentu mereka punya alasan untuk mengambil keputusan itu. Saya tentu tidak bisa memasuki masalahnya secara langsung karena itu kan kewenangan dari DKPP,” jelasnya.

Ma’ruf menegaskan kasus ini bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak, terutama para pimpinan di sebuah instansi agar menjaga moral. Dia menambahkan pemegang kekuasaan arus benar-benar menjaga moral dan integritas.

“Ini peringatan, jadi jangan main-main. Nanti seperti apa yang terjadi di KPU. Karena itu, buat saya, ini jadi pelajaran penting untuk memegang moralitas dan kemudian juga integritas,” tandasnya.

Saat ini, Komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin telah menerima Amanah sebagai pelaksana tugas Ketua KPU RI. Ia resmi ditunjuk sebagai Plt Ketua KPU setelah jajaran komisioner nggelar rapat pleno tertutup. Afif memastikan akan menjalankan tugas dengan baik.

“Dengan membaca innalillahi wainna ilaihiraji’un dan bismillahirrahmanirrahim, teman-teman anggota KPU tadi secara bulat, secara sepakat memberikan mandat kepercayaan ke saya untuk menjadi Pelaksana Tugas Ketua KPU Republik Indonesia,” kata Afif dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Afif mengakui tugas yang diembannya merupakan hal berat. Namun, kata Afif, baik sebagai ketua maupun anggota memiliki tugas berat masing-masing.

“Jadi anggota dan Ketua KPU kan berat, masa orang berat kita bilang ringan, nah kita mau menjelaskan, karena berat, maka kita butuh dukungan teman-teman,” ujarnya.

“Kita sadar betul posisi kita mengemban tugas yang sangat berat, maka dari awal kami sampaikan kami butuh dukungan teman-teman sekalian,” sambungnya.

Afif mengatakan pihaknya kan melakukan penguatan konsolidasi internal. Afif lantas meminta dukungan semua pihak terkait dalam menjalankan tugas-tugas KPU.

“Kami tidak akan berubah, komunikasi dan seterusnya, masukan, dan semuanya, tentu akan kami terima dengan senang hati dan pada kesempatan yang baik ini kami juga ingin meminta dukungan, support, dari teman-teman sekalian,” ujarnya.

Afif juga memastikan tahapan Pilkada 2024 tak akan terganggu usai adanya pergantian ketua.

“Kami pastikan tidak akan terganggu (tahapan Pilkada), kami akan lakukan percepatan langkah-langkah konsolidasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Afif.

Menurut Afif, saat ini jajarannya semakin fokus terhadap tahapan-tahapan Pilkada maupun melakukan tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Afif menyebut saat ini masih ada Sebagian putusan MK terkait sengketa PHPU Pileg yang masih berjalan.

Dipastikan juga tahapan Pilkada tetap berjalan sesuai dengan jadwal. Pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan KPU provinsi dan kabupaten/kota terkait Pilkada.

“Kita akan menghadapi Pilkada serentak 2024, sehingga yang kita lakukan adalah kita ingin memastikan bahwa tidak ada tahapan apapun yang terganggu, tidak ada persiapan apapun yang terganggu dari sisi keorganisasian di KPU Republik Indonesia,” ujarnya.

“Kami akan segera melakukan percepatan konsolidasi untuk memastikan bahwa Pilkada 2024 akan berjalan sesuai dengan apa rencana dan tahapan yang sudah ada,” imbuh dia.

Pembahasan selengkapnya terkait pergantian Ketua KPU RI akan dikupas tuntas dalam program detikPagi edisi Jumat (5/7/2024).

Nikmati terus menu sarapan informasi khas detikPagi secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 08.00-11.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Tidak hanya menyimak, detikers juga bisa berbagi ide, cerita, hingga membagikan pertanyaan lewat kolom live chat.

“Detik Pagi, Jangan Tidur Lagi!”

(vrs/vrs)

Membagikan
Exit mobile version