Selasa, Juni 25


Surabaya

Kawasan Kota Lama Surabaya yang baru buka untuk wisatawan dinodai oleh parkir liar yang mengganggu pemandangan. Tim gabungan pun langsung melakukan penertiban.

Meskipun belum diresmikan oleh Pemkot Surabaya, tapi Kota Lama sudah menjadi jujugan masyarakat yang mau berwisata di kawasan tersebut.

Namun yang sangat disayangkan, ternyata banyak dijumpai juru parkir (jukir) liar yang mengarahkan para pengunjung atau wisatawan untuk memarkirkan kendaraannya di tepi jalan umum sepanjang kawasan Kota Lama.


Hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Pemkot Surabaya mengenai kawasan parkir. Oleh karena itu, petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Gartap, Satpol PP, dan Polrestabes Surabaya melakukan penertiban terhadap para jukir liar di sana.

Kepala UPT Parkir Dishub Kota Surabaya Jeane Taroreh mengatakan, ada kurang lebih tujuh orang jukir liar yang diamankan pada penertiban Rabu (12/6) malam.

“Seminggu yang lalu kami juga secara berkala telah melakukan penertiban gabungan juga dengan harapan tidak ada penambahan titik parkir di tepi jalan umum untuk di wisata kawasan Kota Lama Eropa,” ujar Jeane, Kamis (13/6/2024).

Jeane mengimbau untuk pengunjung maupun wisatawan di Kota Lama Surabaya, agar menggunakan lokasi parkir resmi yang disediakan oleh Pemkot Surabaya, yakni di Jembatan Merah Plaza (JMP) dan Terminal Kasuari.

Dua lokasi parkir tersebut memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung kendaraan roda dua maupun roda empat milik wisatawan maupun pengunjung.

“(Parkir liar) akan merusak estetika, wisata orang mau berfoto akan terganggu dengan parkir di jalan umum. Saya mengimbau arek-arek Suroboyo ojok parkir nang embong (jangan parkir di jalan). Kalau mau Surabaya lebih baik parkir lah di tempat parkir yang kita sediakan,” imbaunya.

Selain melakukan penertiban parkir liar di tepi jalan umum kawasan Kota Lama Surabaya, petugas gabungan juga melakukan penertiban kepada pedagang kaki lima (PKL) dan becak motor (bentor) agar tidak mengganggu pengunjung maupun wisatawan.

——

Artikel ini telah naik di detikJatim.

Simak Video “Pengelola Jakarta Fair Siap Berantas Parkir Liar yang Pasang Tarif Mahal
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version