Selasa, Oktober 8

Jakarta

Samsung Galaxy A16 5G tiba-tiba muncul di website Samsung Belanda dan mengungkap semua spesifikasinya. Galaxy A16 5G resmi jadi ponsel murah pertama dari Samsung yang akan menerima update sistem operasi sampai enam generasi.

Semua ponsel flagship Samsung yang diluncurkan tahun 2024 mendapatkan update sistem operasi dan keamanan hingga tujuh tahun. Untuk ponsel non-flagship, Samsung sepertinya memilih memberikan update sistem operasi hingga enam tahun.

Galaxy A16 5G akan menerima update sistem operasi hingga enam tahun dan update keamanan selama enam tahun. Karena menjalankan Android 14, ponsel ini seharusnya akan menerima update Android 20 yang akan dirilis tahun 2030.


Samsung Galaxy A16 5G hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6,7 inchh dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2340 pixel). Latarnya mendukung refresh rate 90Hz, dan Samsung mengklaim bezelnya dibuat semakin tipis.

Kinerjanya ditenagai chipset Exynos 1330 yang dipasangkan dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB. Samsung menyediakan slot microSD hingga 1,5TB, pertama kalinya untuk ponsel Galaxy. Semua ponsel Galaxy yang diluncurkan sebelum A16 5G mendukung penyimpanan eksternal hingga 1TB.

Samsung Galaxy A16 5G Foto: Samsung

Galaxy A16 5G dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan kamera makro 2 MP. Kamera depan 13 MP untuk mengambil selfie dan video call ditempatkan di notch Infinity-U yang berbentuk tetesan air, seperti dikutip dari SamMobile, Senin (7/10/2024).

Sama seperti ponsel Galaxy A series lainnya yang dirilis tahun ini, Galaxy A16 5G kembali mengusung desain Key Island dengan bagian tombol volume dan power yang sedikit menonjol. Dimensinya pun lebih tipis dari generasi sebelumnya, dengan ketebalan 7,9mm.

Galaxy A16 5G memiliki rating IP54 untuk ketahanan terhadap percikan air, dan sayangnya headphone jack 3,5mm yang ada di generasi sebelumnya dihilangkan. Ponsel ini hadir dalam pilihan warna Blue Black, Light Gray, Gold, dan Light Green.

Galaxy A16 5G sebenarnya belum diumumkan secara resmi dan harganya pun belum ditampilkan di website Samsung Belanda. Tapi seharusnya harga dan ketersediaannya akan segera diumumkan. Kabar baiknya, Galaxy A16 5G sudah dipastikan akan rilis di Indonesia dalam waktu dekat karena sudah mengantongi sertifikat TKDN dari Kemenperin.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version