Minggu, September 29


Jakarta

Marc Marquez tak bisa menuntaskan balap utama MotoGP Mandalika 2024. Motor Ducati Desmosedici GP23 Marquez mengeluarkan api dan asap pada lap ke-12. Rider asal Spanyol itu pun menepi dan tak melanjutkan balapan.

Seri ke-15 MotoGP 2024 diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (27-29/9). Ini menjadi tahun ketiga bagi Indonesia menyelenggarakan balap MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Jorge Martin keluar sebagai juara MotoGP Mandalika 2024, diikuti Pedro Acosta di tempat kedua, dan Francesco Bagnaia di urutan ketiga. Marc Marquez yang pada sesi sprint race kemarin tampil luar biasa dengan finis ketiga, hari ini tak bisa mengulang performa apik tersebut lantaran ada masalah pada motornya.


Ya, saat balapan baru berjalan 12 lap, tiba-tiba motor Ducati Desmosedici GP23 mengeluarkan asap. Setelah itu motor Marquez mengeluarkan api dari bagian mesinnya. Kuat dugaan motor tunggangan Baby Alien tersebut mengalami overheat alias panas berlebih.

Marquez kemudian menepi dan melihat kondisi motornya. Tak lama kemudian dia menjatuhkan motornya dan kru marshall menyemprotnya dengan alat pemadam api ringan.

Motor Marquez kemudian dibawa kembali ke garasinya. Ducati Desmosedici GP23 itu langsung dibungkus kain merah berlogo Ducati.

Motor Marc Marquez setelah Terbakar di Mandalika Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikcom

Belum diketahui pasti penyebab motor Marc Marquez bisa terbakar. Tapi secara penampilan, performa Marquez di balapan hari ini sebenarnya cukup bagus. Start dari urutan ke-12, Marquez mampu menyodok ke depan. Bahkan dia sempat bertarung memperebutkan posisi enam bersama Fabio Di Giannantonio dan Francesco Bagnaia.

Dengan tidak bisa menuntaskan balap utama MotoGP Mandalika 2024, artinya Marquez tak mendapatkan poin sama sekali hari ini. Rider Gresini Racing itu pun tertahan di posisi 4 klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 288 poin.

(lua/rgr)

Membagikan
Exit mobile version