
Jakarta –
Telkom Group dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) berkomitmen bersama untuk berkontribusi membangun perekonomian kerakyatan dengan memanfaatkan teknologi digital terkini dalam workshop produk dan layanan Telkom.
Kolaborasi kedua belah pihak ini untuk merespon perkembangan teknologi di dunia, begitu juga generasi muda yang semakin tech-savvy, sehingga diperlukan kemitraan untuk melahirkan inovasi.
Rachmad Dwi Hartanto selaku EVP Telkom Regional 4 Kalimantan, menuturkan kegiatan tersebut berlangsung interaktif dan konstruktif dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang memaparkan dan membahas sejumlah produk dan layanan digital Telkom yang dapat dimanfaatkan BPD untuk menghadirkan layanan digital bagi nasabahnya, di samping membantu BPD meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerjanya.
EVP Divisi State Owned Enterprise (SOE) Service Telkom, Dedy Mardhianto, menjelaskan untuk menjawab tantangan infrastruktur teknologi informasi BPD, Telkom menghadirkan tiga solusi utama, di antaranya Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Service. Solusi ini dirancang khusus untuk membantu BPD menjalankan transformasi digital secara efisien dan terjangkau.
“Tiga solusi komprehensif dari Telkom tersebut juga menjawab tantangan BPD lainnya, diantaranya keterbatasan tenaga ahli di bidang teknologi digital, analisa data, artificial intelligence, dan cyber security, serta mengubah budaya kerja yang masih stagnan dari sistem konvensional menuju digital,” ujarnya.
Dengan mengadopsi solusi digital dari Telkom Group, diharapkan semakin memudahkan BPD Kalimantan dan seluruh BPD di Indonesia untuk menyediakan layanan perbankan digital yang memenuhi standar industri perbankan nasional maupun internasional.
“Telkom dengan BPD selaras dengan Asta Cita pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan kewirausahaan, pengembangan industri kreatif, meningkatkan lapangan kerja dan ikut membangun pemerataan ekonomi dari desa. Semangat ini jadi komitmen bersama untuk memberikan dampak ekonomi kerakyatan dari daerah,” ungkap Dedy.
Sementara itu, Direktur Operasional Bank Kalsel, Abdurahim Fiqry mengapresiasi langkah strategis kolaborasi Telkom Regional 4 Kalimantan dengan Divisi State Owned Enterprise (SOE) Service Telkom yang telah melakukan diskusi produktif dan menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan BPD di Kalimantan untuk memperkuat posisi Telkom di market B2B.
“Dengan menerapkan solusi digital dari Telkom yang komprehensif tersebut, BPD di Kalimantan dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan layanan dan tetap relevan bagi nasabah muda yang lebih tech-savvy. Langkah strategis ini diharapkan agar BPD di seluruh Indonesia tetap tumbuh, dan semakin kompetitif di tengah persaingan yang semakin ketat,” pungkasnya.
Workshop selama dua hari tersebut, ditemukenali sejumlah produk dan layanan Telkom Group yang mampu menjawab kebutuhan BPD untuk mewujudkan layanan digital bagi nasabahnya maupun untuk menunjang kegiatan operasional. Adapun layanan Telkom Group yang related dengan kebutuhan BPD antara lain layanan komunikasi data, cyber security, SDWAN, M2M, VSAT, Astinet, omni channel marketing, Core Banking, Call Center, serta Data Center dan DRC.
Dengan memanfaatkan dan menggunakan sejumlah produk dan layanan Telkom Group di atas, diharapkan BPD di Kalimantan menjadi lebih kompetitif di industri perbankan dengan menghadirkan layanan perbankan digital yang andal bagi nasabahnya.
(agt/agt)