Jumat, Oktober 18


Jakarta

Latihan bebas 1 atau FP1 MotoGP Australia 2024 terpaksa dibatalkan lantaran Sirkuit Phillip Island diguyur hujan deras. FP1 MotoGP Australia 2024 sedianya dilangsungkan pukul 06:45-07:30 WIB.

Dikutip dari Crash, hari Jumat (18/10) memang sudah diprediksi bakal turun hujan di Sirkuit Phillip Island. Awalnya hujan turun dengan intensitas rendah, namun kemudian hujan semakin deras di akhir latihan bebas Moto2.

Hal itu memaksa FP1 MotoGP ditunda, dan selanjutnya mobil BMW Safety Car wara-wiri di lintasan untuk mengecek kesiapan sirkuit. Tampak genangan air ada di beberapa bagian sirkuit.


Setelah menunggu hampir dua jam, Race Direction pun mengumumkan pembukaan jalur pit. Tapi tak berselang lama, Race Direction membatalkan keputusan itu dan lanjut mengumumkan penundaan.

“Begitu hujan (berhenti), lintasan mulai membaik, tetapi masalahnya adalah hujan mulai turun lagi. Kemudian terjadi aquaplaning, tentu lebih baik menunggu hingga hujan berhenti,” bilang Dorna Safety Officer Loris Capirossi. Akhirnya FP1 MotoGP Australia 2024 pun resmi dibatalkan setelah pukul 12.30 waktu setempat.

Dibatalkannya latihan bebas 1 MotoGP ini tentu menimbulkan kerugian bagi para tim MotoGP. Mereka tak bisa mengumpulkan data penggunaan ban di trek basah di Sirkuit Phillip Island. Apalagi sirkuit ini baru saja diaspal ulang.

Selain itu, kemungkinan besar cuaca di Phillip Island sepanjang hari ini kemungkinan akan terus diguyur hujan, sehingga bisa mengancam jadwal latihan MotoGP sore nanti.

Saat ini Sirkuit Phillip Island sedang menggelar latihan bebas 1 untuk kelas Moto3. Sementara itu, cuaca hari Sabtu diperkirakan kering tetapi berangin, sedangkan Minggu cuaca di Phillip Island diprediksi akan dalam kondisi terbaiknya.

(lua/dry)

Membagikan
Exit mobile version