Jumat, September 20

Jakarta

Eksplorasi ruang angkasa sedang gencar-gencaran dilakukan. Banyak misi yang dilakukan untuk mencari tahu seperti apa kondisi di luar Bumi.

Beberapa fenomena di planet lain pun menarik perhatian. Salah satu yang sempat viral adalah foto yang menampilkan sesuatu mirip sekelompok laba-laba raksasa di Mars. Coba cari ‘spiders on Mars’, kamu akan menemukan foto tersebut.

Melansir BBC, Selasa (17/9/2024) syukurlah pemandangan itu hanyalah sebuah pareidolia. Bentuk mirip laba-laba di permukaan Mars itu adalah hasil dari proses planet terkait pemanasan dan pendinginan yang terjadi di sana.


Foto laba-laba di Mars pertama kali ditangkap pada 2003. Diperkirakan, setiap bentuknya memiliki panjang 45 meter dan lebar 1 km, lengkap dengan ratusan ‘kakinya’.

Nama resmi untuk bintik-bintik gelap ini adalah medan araneiform. Para ahli tidak yakin bagaimana formasi ini terbentuk, tetapi mereka menduga bahwa itu mungkin disebabkan oleh karbon dioksida.

Untuk membuktikan gagasan ini, para peneliti sampai menyiapkan kondisi di laboratorium yang mirip dengan suhu dan tekanan udara yang ditemukan di Mars. Mereka kemudian melakukan percobaan dan berhasil menciptakan kembali ‘laba-laba’ untuk pertama kalinya.

Dari sana teori terbentuknya laba-laba di Mars tercetus. Ilmuwan meyakini bahwa lapisan es karbon dioksida terbentuk di Mars selama bulan-bulan musim dingin yang gelap di planet tersebut. Kemudian selama musim semi di Mars, sinar matahari mengenai karbon dioksida beku dan mengubahnya menjadi gas dan es di atasnya. Ketika es tersebut menerobos ke permukaan, ia menyeret debu dan pasir gelap dari tanah bersamanya, menciptakan bentuk-bentuk seperti laba-laba tersebut.

Simak Video “Menebak-nebak Setlist Konser Bruno Mars di Jakarta
[Gambas:Video 20detik]

(ask/fay)

Membagikan
Exit mobile version