Kamis, Oktober 10


Orlando

Maskapai penerbangan di Amerika Serikat ramai-ramai menghentikan operasi di negara bagian Florida, mereka bersiap menghadapi Badai Milton.

Dilansir dari Reuters pada Rabu (9/10), Badai Milton tercatat sebagai salah satu yang terkuat yang pernah tercatat di wilayah tersebut. Badai ini diperkirakan tiba pada hari Rabu.

Hingga Selasa sore, 1.311 penerbangan di dalam, ke, atau keluar Amerika Serikat ditunda, dan 701 dibatalkan. Jumlah tersebut diperkirakan meningkat, menurut penyedia data pelacakan penerbangan FlightAware.


Southwest, salah satu maskapai penerbangan terbesar di AS, mengatakan sedang menyesuaikan jadwalnya di beberapa bandara yang menghentikan sementara operasinya, termasuk Bandara Internasional Tampa dan Bandara Internasional Orlando.

Bandara International Orlando, salah satu bandara tersibuk di AS, akan menghentikan operasinya pada pukul 8 pagi waktu setempat pada hari Rabu, menurut pemberitahuan di situs webnya. Tampa International ditutup pada hari Selasa.

United Airlines, JetBlue Airways dan Air Canada menambah kapasitas ekstra untuk memindahkan orang-orang keluar dari Florida.

Badai Milton diperkirakan membesar pada hari Selasa saat mendekati Gulf Coast Florida yang dilanda badai, tempat lebih dari 1 juta orang diperintahkan untuk mengungsi.

Presiden Joe Biden telah menunda perjalanan ke Jerman dan Angola pada 10-15 Oktober untuk mengawasi persiapan dan tanggapan terhadap badai, Gedung Putih mengatakan pada hari Selasa.

Kepanikan warga AS semakin terasa dengan banyak pengecer bensin yang memasang tanda-tanda kosong pada hari Selasa. Pengemudi menunggu untuk mengisi tangki mereka dalam antrean yang mengular di sekitar pom bensin, hanya untuk mengetahui bahwa beberapa kehabisan bahan bakar, menurut media lokal dan unggahan media sosial.

Toserba Kohls mengatakan akan menutup sementara beberapa toko di daerah tersebut. Perusahaan-perusahaan energi mulai menutup jaringan pipa dan terminal pengiriman bahan bakar mereka di Tampa pada hari Selasa.

Operator jaringan pipa Kinder Morgan mengatakan telah menutup sistem Central Florida Pipeline, dua jalur kecil yang membawa bensin, solar, dan bahan bakar lainnya dari Tampa ke Orlando.

Universal Studios di Orlando juga berencana untuk tutup sebelum badai Milton menerjang daratan. Sementara operator kapal pesiar Royal Caribbean dan Carnival mengatakan mereka sedang menyesuaikan beberapa jadwal.

Milton diperkirakan menjadi badai yang sangat berbahaya hingga menerjang daratan Florida. Badai ini menyebabkan kerusakan besar dan pemadaman listrik yang diperkirakan akan berlangsung selama beberapa hari.

(bnl/wsw)

Membagikan
Exit mobile version