Senin, Februari 24


Jakarta

Bukan cuma estetika, Honda PCX 160 RoadSync dirancang dengan berbagai fitur yang membuat perjalanan jauh (touring) menjadi lebih nyaman.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2010 lalu, Honda PCX menawarkan tongkrongan bongsor namun tetap punya segitiga ergonomi berkendara yang relaks.

Penyempurnaan terus dilakukan supaya PCX 160 RoadSync makin bikin nyaman dikendarai sebagai motor harian apalagi diajak touring.


Pertama soal desain. PCX memposisikan diri sebagai produk yang punya menaikkan gengsi pemiliknya. Kesan mewah yang memikat, begitu kesan kali pertama melihat eksterior terbaru Honda PCX 160 RoadSync. Honda cukup berani memasang cover pada PCX 160 terbarunya. Perubahan tersebut juga menjadikan PCX 160 terasa auranya Honda forza.

Nah, PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan agenda eksplorasi PCX 160 RoadSync sejauh 193 kilometer di Pulau Dewata. Memasuki hari kedua, karakter jalannya masih sama seperti di hari sebelumnya. Kali ini perjalanannya dari Lovina menuju Ubud.

Honda PCX 160 RoadSync diajak melewati lalu lintas perkotaan hingga naik turun jalur pegunungan. Tidak ada masalah di sepanjang perjalanan tersebut.

Berikut ini rangkuman fitur yang berkontribusi pada kenyamanan saat memakai PCX 160 RoadSync:

Honda RoadSync

Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menghubungkan smartphone dengan panel instrumen motor. Ini memberikan akses mudah ke navigasi, musik, dan panggilan telepon, sehingga pengendara dapat tetap terhubung tanpa harus sering-sering menghentikan perjalanan.

Berdasarkan pengalaman tim redaksi detikOto, hal sangat berguna untuk perjalanan jauh tanpa harus mengotak-atik handphone.

Honda PCX 160 RoadSync Foto: Ridwan Arifin

Belum lagi fitur RoadSync ini bisa digunakan dengan perintah suara. Misalnya tinggal menyebutkan kota tujuan, nantinya peta yang berbasis dari google maps ini akan menunjukkan rute turn by turn pada layar TFT 5 inch.

Menariknya lagi Honda RoadSync juga memerhatikan aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Contohnya, pengaturan RoadSync tidak bisa dilakukan saat motor berjalan.

Posisi Berkendara Ergonomis:

Desain PCX 160 RoadSync mengutamakan kenyamanan pengendara dengan posisi berkendara yang relaks dan santai. Jok yang lebar dan empuk juga menambah kenyamanan, terutama saat menempuh perjalanan jauh.

Honda RoadSync di PCX 160 Foto: Dok. AHM

Panjang motor ini masih 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.123 mm. Sementara untuk tinggi joknya 764 mm dan jarak sumbu roda 1.313 mm. Masih ramah dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, kaki pun mudah menapak ke tanah.

Honda juga melakukan sentuhan baru bagian deknya. Posisi tulang kering jadi tidak menempel dengan dek. Area pijakan kaki juga berubah, sepatu jadi tertutup foot step, tidak lagi menjorok keluar seperti dengan yang dulu. Good job, Honda!

Suspensi yang Nyaman:

PCX 160 RoadSync dilengkapi dengan suspensi belakang ganda dengan tabung, yang memberikan redaman yang baik terhadap guncangan jalan. Sebagai gambaran, saat melibas perjalanan di jalan yang tidak rata, masih oke untuk meredam getaran.

Saat memasuki trek lurus, motor terasa stabil, pun saat meliuk-liuk di rintangan jalan Bedugul Bali, motor terasa nurut dan smooth, tidak ada rasa understeer atau kesan body tertinggal.

Ban tubeless lebar (110/70-14 di depan dan 130/70-13 di belakang) memberikan daya cengkeram yang kuat di aspal, memungkinkan manuver yang lebih stabil dan presisi.

Mesin bertenaga untuk dipakai perjalanan jauh

Berdasarkan pengetesan kami, tenaga yang dimilik PCX 160 terasa pas saat nanjak tipis-tipis di perbukitan maupun melintasi padatnya perkotaan.

Tarikan awal motor ini memang enteng namun tidak nyentak. Distribusi tenaganya juga merata di putaran bawah. Saat masuk putaran di atas 6.000 rpm masih terasa dorongan tenaga.

Sistem Pengereman ABS dan HSTC:

Fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) memberikan rasa aman dan percaya diri saat berkendara di berbagai kondisi jalan.

HSTC terutama berguna saat berkendara di jalan licin atau saat melakukan akselerasi.

Motor dengan akomodasi luas dan kepraktisan yang oke

PCX 160 RoadSync memiliki kapasitas bagasi yang besar, memungkinkan pengendara untuk membawa barang bawaan yang cukup untuk perjalanan jauh. Hal ini menjadikan pengendara tidak perlu repot repot menambah box tambahan kapasitas bagasinya 30 liter.

Perlu diketahui Honda PCX 160 untuk semua varian kini punya USB Type-C Charger terbaru, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian

Kemudian tangki PCX punya kapasitas 8 liter. Dengan konsumsi BBM tembus 40 km per liter, motor ini jarang mampir ke pom bensin.

Dengan kombinasi fitur-fitur ini, Honda PCX 160 RoadSync menjadi pilihan yang baik untuk pengendara yang mencari skutik yang nyaman dan aman untuk perjalanan jauh.

(riar/din)

Membagikan
Exit mobile version