Minggu, April 27


Jakarta

Mitsubishi Xforce kini siap menantang kompetitornya dengan senjata andalan berupa fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS). Kini, Mitsubishi Xforce punya fitur ADAS yang disebut Diamond Sense (DS).

Fitur ADAS itu tersedia di trim Mitsubishi Xforce Ultimate with Diamond Sense (Ultimate DS). Sejauh ini, Xforce Ultimate DS menjadi tipe tertinggi di keluarga Mitsubishi Xforce yang dijual di Indonesia.

Kehadiran fitur ADAS pada Xforce seakan menjadi jawaban dari Mitsubishi untuk menantang SUV 5-seater yang cukup digemari di Indonesia. Sebelumnya, mobil-mobil SUV seperti Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Toyota Yaris Cross sudah dibekali dengan fitur ADAS lengkap yang membantu mobil menjadi lebih aman dikendarai.


Interior Mitsubishi Xforce Ultimate DS Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Adapun fitur keselamatan pada Mitsubishi Xforce Ultimate DS terdiri dari adaptive cruise control (ACC), automatic high beam (AHB), Forward Collision Mitigation (FCM), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Blind Spot Warning (BSW) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Sayangnya, fitur ADAS pada Xforce Ultimate DS ini terkesan ‘nanggung’. Sebab, Mitsubishi belum melengkapinya dengan fitur semacam lane keeping assist dan kamera 360. Meski begitu, fitur-fitur yang ada pada Xforce Ultimate DS sudah cukup membantu. Apalagi fitur ACC pada mobil ini sudah support sampai kecepatan rendah, bahkan hingga berhenti total. Jika mobil di depan berhenti, Xforce ini juga akan ikutan berhenti mengikuti jarak aman yang telah ditentukan.

Yup, yang kami suka dari sistem Diamond Sense selama mengemudi Xforce ini adalah fitur Adaptive Cruise Control-nya. Fitur ini dapat diaktifkan mulai dari kecepatan 30 km/jam, bahkan menjaga laju kendaraan dengan baik di kecepatan rendah. Menurut kami, fitur ACC itu menjadi solusi sempurna untuk berkendara di lalu lintas perkotaan yang padat.

Tombol Cruise Control di Mitsubishi Xforce Ultimate DS Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Fitur ACC didukung juga oleh Lead Car Departure Notification System (LCDN). Jika kendaraan di depan sudah melaju, sistem akan memberikan peringatan melalui notifikasi di layar MID. Jika berhenti total kurang dari 3 detik, mobil dapat langsung mengikuti kembali kendaraan di depan. Kalau berhentinya lebih dari 3 detik, ACC dapat langsung diaktifkan hanya dengan memainkan switch ke “RES +” pada setir.

Berkat fitur ACC ini, kaki pengemudi tidak perlu repot menekan pedal gas atau rem lagi di tengah kemacetan. Hal ini membantu mengurangi stres pengemudi ketika melalui lalu lintas padat.

Fitur yang juga membantu adalah RCTA. Ketika kita mau mundur keluar dari parkiran dan ada kendaraan yang melintas di belakang, akan ada peringatan sehingga pengemudi lebih waspada. Begitu juga fitur Blind Spot Warning yang membantu pengemudi untuk mengetahui objek di sekitar mobil yang tak terlihat (blind spot).

Tak ketinggalan, fitur Auto high beam (AHB) juga cukup membantu pengemudi terutama pada malam hari. Fitur itu membuat pengemudi mendapatkan visibilitas terbaik tanpa menyilaukan pengemudi lain. Jika sistem pada mobil membaca jalanan gelap, maka high beam akan otomatis aktif. Kalau ada kendaraan lain dari arah berlawanan, high beam otomatis nonaktif dan menjadi low beam.

Mitsubishi Xforce Ultimate DS. Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Forward collision mitigation juga bukan sekadar gimik. Fitur itu sangat membantu pengemudi untuk mencegah benturan depan dan meminimalisir dampaknya jika benturan tak dapat dihindari.

Secara keseluruhan, mengemudi Xforce Ultimate DS masih terasa sama dengan Xforce sebelumnya, khususnya tipe Ultimate. Mobil ini masih memiliki empat mode berkendara (normal, wet, mud dan gravel) yang cukup membantu untuk melewati berbagai medan jalan.

Mitsubishi Xforce Ultimate DS Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Mobil ini mengusung mesin 4A91 1.500 cc MIVEC DOHC 16 Valve. Tenaganya mencapai 104 PS/6.000 rpm dengan torsi maksimal 141 Nm/4.000 rpm. Mesin dihubungkan dengan transmisi CVT.

Menurut kami, mesin itu cukup responsif. Khas mobil Mitsubishi, perpaduan mesin dan transmisi CVT sudah diracik pas untuk kebutuhan harian maupun berkendara ke luar kota. Apalagi, ada tombol Ds di tuas transmisi yang bikin mobil seperti masuk ke mode sport.

Mitsubishi XForce Ultimate DS Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Secara tampilan, Xforce Ultimate DS juga lebih ganteng dibanding pendahulunya. Perbedannya ada di warna. Xforce Ultimate DS mengadopsi warna two-tone ditambah spoiler di belakang yang membuat tampilannya lebih sporty.

Tapi sayang, Mitsubishi belum melengkapi Xforce Ultimate DS dengan sunroof seperti kompetitornya. Mitsubishi beranggapan, menggunakan atap solid tanpa sunroof membuat kualitas sound system Yamaha yang menjadi unggulannya jadi tidak terdistorsi.

Secara harga, Xforce Ultimate DS saat ini dibanderol Rp 426.350.000 on the road Jakarta (warna putih lebih tinggi Rp 1,5 juta).

(rgr/dry)

Membagikan
Exit mobile version