Sabtu, Oktober 26

Jakarta

Apple mulai merilis iOS 18.2 versi beta untuk developer, yang dilengkapi berbagai fitur AI baru, termasuk Genmoji dan Image Playground.

Selain itu dalam pembaruan ini juga ditambahkan berbagai fitur penulisan menggunakan AI, integrasi dengan ChatGPT, Visual Intelligence untuk memanfaatkan pencarian memakai kamera di jajaran iPhone 16, dan berbagai fitur lainnya.

Visual Intelligence ini bisa diakses pengguna iPhone 16 lewat Camera Control. Sementara ChatGPT diintegrasikan ke beberapa fitur, salah satunya adalah integrasi ke Siri.


Jadi Siri bisa “meneruskan” perintah ke ChatGPT, namun pengguna harus secara eksplisit menyebut bahwa Siri boleh menggunakan ChatGPT untuk perintah tersebut.

Selain itu, Apple Intelligence di iOS 18.2 juga mendukung bahasa yang lebih banyak, bukan cuma US English, melainkan juga English (Australia), English (Canada), English (New Zealand), English (South Africa), dan English (United Kingdom). Namun untuk bahasa selain English, pengguna harus sabar menunggu hingga 2025 mendatang.

Bisa dibilang fitur Apple Intelligence di iOS 18.2 ini pun lebih pintar dibanding di iOS 18.1. Sementara itu untuk pengguna biasa baru bisa menjajal Apple Intelligence di iOS 18.1 pada minggu depan saat pembaruan itu dirilis untuk publik.

Apple Intelligence pertama dipamerkan di ajang WWDC 2024 pada Juni 2024. Saat itu fitur yang paling impresif adalah kemampuan Siri untuk memahami apa yang ada di layar iPhone dan bisa mengerjakan sesuatu dari permintaan pengguna. Namun hingga iOS 18.2 dirilis, fitur tersebut pun belum tersedia.

Pembaruan macOS Sequoia 15.2 developer beta pun sudah dirilis oleh Apple, lengkap dengan Apple Intelligence namun tanpa dilengkapi fitur Genmoji, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Jumat (25/10/2024).

Sebagai informasi, deretan fitur AI yang tersedia di iOS 18.1 antara lain adalah Writing Tools, pembaruan Siri, Clean Up, dan Memory Movies di Photos. Ada juga rangkuman notifikasi, pesan prioritas di Mail, dan rangkuman transkrip untuk panggilan telepon.

Fitur Writing Tools ini kemampuannya diperluas di iOS 18.2, misalnya untuk mengubah gaya bahasa atau tema sebuah tulisan. ChatGPT juga diintegrasikan ke dalam Writing Tools ini, yaitu lewat fitur “new Compose with ChatGPT.”

(asj/afr)

Membagikan
Exit mobile version