Minggu, Juli 7

Jakarta

Apple belum lama ini memperkenalkan fitur-fitur kecerdasan buatan (AI) yang akan hadir di perangkatnya di bawah bendera Apple Intelligence. Tapi sepertinya fitur-fitur ini tidak akan gratis selamanya.

Dalam newsletter terbarunya, jurnalis Bloomberg Mark Gurman mengatakan Apple berencana menjadikan Apple Intelligence sebagai sumber pendapatan terbarunya dengan program subscription atau langganan.

Gurman mengatakan Apple Intelligence akan bisa diakses secara gratis di awal-awal ketersediaannya. Tapi dalam beberapa tahun ke depan, Apple berencana menghadirkan tier berbayar yang mungkin diberi nama ‘Apple Intelligence+’.


Apple Intelligence versi gratis tetap bisa diakses pengguna tanpa biaya, tapi mungkin akan memiliki fitur yang terbatas. Pengguna yang ingin mengakses fitur lebih lengkap harus berlangganan Apple Intelligence+.

Menurut Gurman, tier berbayar ini bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi Apple untuk mengimbangi upgrade hardware yang melambat dan konsumen yang menunggu lebih lama untuk membeli ponsel baru. Selain itu Apple juga bisa mengurangi ketergantungan terhadap bisnis perangkatnya.

Apple juga diprediksi akan menerima komisi dari pengguna yang berlangganan layanan AI premium yang ditawarkan mitranya, seperti ChatGPT Plus milik OpenAI. Gurman mengatakan Apple kemungkinan akan segera mengumumkan kemitraan dengan Google dan Anthropic untuk menyediakan layanan AI mereka di perangkatnya, seperti dikutip dari MacRumors, Rabu (3/7/2024).

Bloomberg sebelumnya melaporkan bahwa Apple menolak kemitraan AI dengan Meta karena masalah privasi. Sementara itu Apple masih mencari mitra AI di China karena saat ini ChatGPT dan layanan AI lainnya buatan negara Barat tidak tersedia di sana.

Apple Intelligence akan hadir sebagai bagian dari update iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia. Apple Intelligence masih akan tersedia dalam fase beta bahkan setelah ketiga sistem operasi ini diluncurkan dalam versi stabil pada musim gugur tahun ini.

Saat diluncurkan, Apple Intelligence hanya tersedia di segelintir produk Apple karena keterbatasan hardware. Perangkat yang bisa mengakses Apple Intelligence antara lain iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Max yang menggunakan chip M1 atau lebih baru.

Simak Video “Apple Kenalkan AI yang Bakal Jadi Pesaing Microsoft
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)

Membagikan
Exit mobile version