Senin, Juli 1

Jakarta

Apple resmi merilis Final Cut Pro versi baru untuk perangkat Mac dan iPad. Kedua aplikasi membawa fitur baru yang didorong oleh kecerdasan buatan yang menjadikan alur kerja menjadi lebih efisien.

“Final Cut Pro for iPad semakin andal, mengubah alur kerja produksi bagi para kreator dengan menempatkan iPad sebagai pusat dan memungkinkan mereka mengedit dan berbagi dengan lebih cepat dari sebelumnya, baik di studio maupun di perjalanan. Final Cut Pro for Mac juga terus memberikan peningkatan efisiensi bagi editor dengan fitur-fitur baru yang lebih cerdas dan lebih cepat.” ujar Brent Chiu-Watson, Senior Director of Apps Worldwide Product Marketing Apple

Final Cut Pro for iPad 2


Aplikasi ini dijanjikan maksimal pada iPad Pro baru dengan chip Apple M4. Final Cut Pro for iPad 2 mampu melakukan proses render video hingga 2x lebih cepat, dan mendukung hingga 4x lebih banyak stream ProRes RAW dibandingkan dengan M1.

Dengan fitur Live Multicam yang baru, pengguna dapat menghubungkan secara nirkabel dan melihat pratinjau hingga empat kamera sekaligus, di satu tempat. Dengan menggunakan kombinasi perangkat iPhone dan iPad, pengguna akan dapat melihat tampilan sutradara di masing-masing kamera dan memiliki kontrol manual atas preferensinya menggunakan aplikasi Final Cut Camera yang baru.

Final Cut Pro for iPad 2 Foto: Apple

Final Cut Camera mendukung Live Multicam dan juga bekerja sebagai aplikasi perekam video mandiri di iPhone dan iPad,dengan kemampuan untuk menyesuaikan pengaturan seperti fokus manual, kecepatan rana, ISO, dan lainnya.

Di Final Cut Pro untuk iPad 2, pengguna dapat melakukan pengeditan dengan 12 preset gradasi warna baru, memilih dari delapan judul teks dasar, scoring dengan 20 soundtrack baru, dan menambahkan latar belakang dinamis tambahan untuk membuat hamparan efek dan urutan judul.

Tak kalah menariknya, Final Cut Pro untuk iPad 2 sekarang mendukung proyek eksternal, memungkinkan pengguna dengan mudah membuat atau membuka proyek pada perangkat penyimpanan eksternal dan mengimpor media tanpa menghabiskan ruang di iPad.

Final Cut Pro untuk iPad 2 juga mendukung Apple Pencil Pro yang baru, memanfaatkan gerakan memutar batang pensil (barrel roll) untuk kontrol yang lebih presisi pada fitur Live Drawing, dan gerakan menekan untuk dengan cepat menarik berbagai kuas dan pengaturan.

Aplikasi Final Cut Camera  Aplikasi Final Cut Camera Foto: Apple

Final Cut Pro untuk Mac 10.8

Memanfaatkan kekuatan Neural Engine di Apple silicon, Final Cut Pro untuk Mac 10.8 menambahkan fitur AI untuk kustomisasi video yang cepat dan pengaturan waktu ulang visual yang lebih mudah. Selain itu terdapat fitur Cahaya dan Warna, dan Smooth Slo-Mo baru.

Fitur Cahaya dan Warna secara otomatis menyesuaikan video untuk koreksi warna, sedangkan Smooth Slo-Mo secara cerdas memadukan bingkai video untuk menghasilkan gerakan berkualitas tinggi.

Final Cut Pro for Mac 10.8 Foto: Apple

Selain itu ada alat organisasi yang baru meningkatkan efisiensi alur kerja pascaproduksi, termasuk nama khusus untuk koreksi warna dan efek video di pemeriksa; kemampuan untuk mencari dan menavigasi ke klip dengan media atau efek yang hilang di indeks timeline; dan pencarian timeline berbasis teks dengan informasi seperti reel, adegan, sudut kamera, dan banyak lagi.

Final Cut Pro untuk iPad 2 dan Final Cut Pro untuk Mac 10.8 kini tersedia sebagai pembaruan gratis bagi para pengguna saat ini. Untuk pengguna baru Final Cut Pro untuk iPad 2 tersedia di App Store dengan harga Rp 79.000 per bulan atau Rp 790.000 per tahun, dan Final Cut Pro untuk Mac 10.8 tersedia di App Store Mac dengan harga Rp 4.999.000.

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version