Kamis, Mei 16


Jakarta

Perayaan tahun baru Songkran Thailand selalu menarik perhatian dunia. Tahun ini, ada 35 kedutaan asing yang berkolaborasi dengan pemerintah Thailand.

Diberitakan thaiger, Senin (15/4/2024) Menteri Kebudayaan Thailand, Sermsak Pongpanich, mengungkapkan bahwa kedutaan besar negara lain di Thailand merilis serangkaian video pendek yang mengucapkan selamat tahun baru tradisional kepada masyarakat Thailand. Inisiatif itu muncul setelah UNESCO mengakui festival tersebut sebagai Warisan Budaya Takbenda pada bulan Desember 2023.

“Video-video pendek itu dibagikan di platform media sosial Kementerian Kebudayaan, sehingga memberikan gambaran sekilas tentang Songkran dan signifikansi budayanya bagi Thailand,” kata Sermsak.


Kedutaan besar yang terlibat dalam proyek ini antara lain Bahrain, Belgia, Brasil, Brunei, Kanada, China, Denmark, Finlandia, Perancis, India, India, Iran, Jepang, Kazakhstan, Korea Selatan, Kuwait, Laos, Luksemburg, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Maroko, Belanda, Nigeria, Rusia, Rumania, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan, Sri Lanka, Swiss, Timor-Leste, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Menurut Somboon Homnan, kepala Pusat Operasi Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA), Festival Songkran 2024 mencatat peningkatan jumlah wisatawan internasional yang memuaskan.

Syangnya, kendati berlangsung meriah terjadi kasus-kasus yang mencoreng halus kegembiraan itu. Somboon melaporkan 11 kasus pencopetan pada hari pertama perayaan dan mengimbau pengunjung festival untuk tetap waspada.

Bangkok Post melaporkan untuk mengendalikan kerumunan dan memastikan keselamatan, lebih dari 3.000 polisi dan petugas keamanan dikerahkan di Jalan Khao San pada hari kedua festival tersebut.

Festival Songkran berlangsung sejak tanggal 12-16 April dan bisa dirasakan di seluruh penjuru Thailand. Festival yang identik sekali dengan basa-basahan dan perang air itu selalu ditunggu setiap tahunnya oleh turis mancanegara.

Simak Video “Festival Songkran Thailand Dimulai, Lihat Kemeriahannya!
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)

Membagikan
Exit mobile version