Minggu, Oktober 6


Jakarta

Festival Flora dan Fauna (Flona) 2024 sangat menarik antusias masyarakat. Mereka berbondong-bondong ke Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Acara ini menjadi titik temu para penyuka tanaman di Jakarta. Tentunya bukan hanya tanaman hias saja tapi juga banyak tanaman-tanaman produktif seperti pohon mangga hingga pohon ara atau tin.

Dalam festival ini juga ada beberapa binatang-binatang yang menggemaskan, ada kucing, kelinci, reptil sampai burung hantu. Masyarakat yang datang terutama anak-anak begitu senang berada di area fauna ini, kepada orang tuanya beberapa anak pun merengek ingin membawa pulang binatang-binatang lucu di sana.


Kurang lebih terdapat sekitar 165 booth dalam Festival Flona 2024 ini. Area yang begitu luas membuat masyarakat bisa dengan leluasa ke sana ke mari untuk membeli tanaman ataupun sekadar melihat-lihat.

Suasana yang asri dan sejuk seperti bukan berada di Kota Jakarta. Lapangan Banteng memang sudah memiliki pohon-pohon besar yang membuat teduh.

Festival Flona 2024 (Foto: Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Dan kini dengan adanya Festival Flona 2024 kawasan ini menjadi begitu nyaman dan sejuk ketika berkunjung. Namun sayang, saat detikTravel berada di Flona 2024, Sabtu (6/7/2024) hujan begitu deras turun sejak pagi hingga sore.

Sebelum hujan turun masyarakat masih terlihat berada di booth para penjual tanaman dan hujan turun begitu lebat membuat semuanya buyar. Ridwan satu dari pedagang yang lain menyebut hari kedua ini sepi karena hujan yang tak kunjung reda.

“Ramean kemarin kalau sekarang mah cuacanya hujan terus,” ucapnya.

Ridwan merupakan pedagang kaktus dan sukulen. Lelaki Sunda ini membawa ratusan tanaman untuk di Festival Flona 2024 ini.

Harga yang ia tawarkan juga berbagai macam mulai dari Rp 35.000 hingga ratusan ribu. Dalam obrolan singkatnya ia juga sedikit memberikan tips jika ingin memelihara kaktus ataupun sukulen.

Festival Flona 2024 (Foto: Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

“Kalau cara merawat yang benarnya pertama jangan banyak disiram contohnya sukulen, sukulen tuh karakternya nggak suka terlalu basah. Bagusnya penyiramannya seminggu sekali mau itu sukulen atau kaktus juga,” katanya.

Banyaknya pilihan tanaman di sini juga menjadi surga bagi para pecintanya. Mereka datang silih berganti memasuki setiap booth penjual tanaman. Walaupun hujan masih terus membasahi, tak membuat beberapa pengunjung mengurungkan niatnya membeli tanaman.

Seperti Vita yang merupakan warga Bekasi, bersama ibunya ia berbelanja beberapa bibit anggrek untuk masuk ke koleksi di rumahnya. Sebetulnya ia ke sini untuk mengantar sang ibu yang sangat senang dengan tanaman dan setiap tahun ia pun kerap datang ke Festival Flona ini.

“Memang ada Flona kan udah tahu dari Instagram emang tiap tahun kan ada, tiap tahun juga aku rutin ke sini untuk main, beli-beli tanaman, dan nganter ibu. Beli tanaman anggrek sepuluh biji buat koleksi pribadi di rumah,” ujar Vita.

Selain booth-booth para pedagang di Festival Flona 2024 ini juga terdapat booth dari setiap wilayah Jakarta dengan menampilkan ciri khas dari setiap wilayahnya.

Festival Flona 2024 (Foto: Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Ada Jakarta Selatan dengan Little Tokyo, Jakarta Pusat dengan Gedung Stovia, Jakarta Barat dengan Pecinan Glodok, Jakarta Utara dengan Kampung Portugis, Jakarta Timur dengan Kampung Arab, dan Kepulauan Seribu dengan pulaunya.

Ada pula mini Ragunan yang memperlihatkan beberapa panjangan binatang yang sudah diawetkan, seperti harimau, zebra, dan banyak lagi. Festival Flona 2024 ini digelar hingga 2 Agustus mendatang dan setiap hari buka tanpa dipungut biaya masuk.

(msl/msl)

Membagikan
Exit mobile version