Kamis, Oktober 10


Jakarta

Faunaland di Ecovention Building, Ecopark, di Jalan Lodan Raya, Ancol, Jakarta Utara bisa menjadi pilihan tempat bermain sekaligus edukasi satwa dan lingkungan buat anak-anak. Sudah pernah berkunjung?

Traveler akan disambut dengan suara riuh burung dan keasrian suasana pohon saat tiba di Faunaland. Area pintu masuk dihiasi dengan gambar satwa kanguru pohon kelabu yang berasal dari Papua.

Faunaland memiliki beragam spot berbeda, mulai dari edukasi satwa, interaksi dengan satwa, mengunjungi pulau burung, memberikan makan satwa, hingga berkeliling dengan sampan. Saat detikTravel berada di Faunaland, Kamis (19/9/2024) anak-anak antusias mengikuti pembimbing di bagian wisata edukasi.


Di kegiatan edukasi terdapat berbagai informasi menarik tentang keanekaragaman satwa di Indonesia. Setiap kandang satwa dilengkapi dengan papan informasi yang menjelaskan karakteristik, habitat, asal, fakta-fakta, dan jenis makanan apa saja yang mereka makan. Satwa unik yang ada di Faunaland seperti kucing several, patagonian mara, kambing joget, anjing merah Sumatra, macan dahan, monyet ekor panjang, siamang putih, burung hantu, dan binturong.

“Anak saya sangat senang, bisa belajar tentang berbagai spesies dunia hewan yang mereka jarang lihat. Media informasi yang mudah dipahami, gambar di papan hewan yang lucu membuat mereka antusias untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hewan-hewan disini,” kata Intan, salah satu pengunjung yang ditemui detikTravel.

Daya tarik utama dari Faunaland yaitu pengunjung dapat berkesempatan berinteraksi langsung dengan satwa. Di beberapa area seperti memberikan wortel untuk unta dan kambing, memegang Jordan burung cantik jenis nuribayan, memberikan buah pepaya dan pisang untuk binturong, maupun memberi makan pico kura-kura besar aldabra.

Pengunjung lainnya, Maya, mengatakan bahwa melihat anak-anak yang tertawa bahagia, saat memberikan makan satwa bukan hanya tentang bersenang-senang, tapi membangun empati kepada makhluk hidup maupun memperkaya pengetahuan.

“Saya senang bisa melihat anak saya memberikan makan si kura-kura aldabra. Hewan yang unik dan sudah tua. Dengan memberikan wortel ini dapat membangun adanya sebuah rasa peduli kepada makhluk hidup salah satunya kura-kura besar,” kata Maya.

Selain berinteraksi dengan satwa, pengunjung bisa merasakan berkeliling naik River Cruise. Harganya cukup terjangkau Rp 30.000 per orang kurang lebih 15 menit.

Di spot itu, traveller dan keluarga bisa berkeliling menjelajahi keindahan alam hijau di sekitar perairan Faunaland dengan sampan. Nah, spot foto inilah yang cocok untuk traveller abadikan dengan berbagai gaya candid ataupun menikmati angin sepoi-sepoi petualangan seru ini ke sosial media.

Untuk harga tiket di Faunaland Ancol, terdapat dua alternatif melalui online dan offline. Mulai eksplore kegiatan seru di Faunaland dari Rp 80.000 untuk weekday, untuk weekend Rp 90.000 per orang. Faunaland buka pukul 09.00 – 17.00 WIB.

(fem/fem)

Membagikan
Exit mobile version