Senin, Oktober 7


Brantome

Desa Brantome yang terletak di Perigord, Prancis merupakan desa kecil yang disebut-sebut seindah negeri dongeng. Mari simak fakta-fakta menarik tentang desa ini.

Pemandangan yang indah dari lanskap alam dan bangunan-bangunan di desa tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung. Desa itu juga dialiri oleh sungai Dronne yang meliuk-liuk. Maka dari itu desa Brantome juga dijuluki ‘Venesia di Perigord’.

Berikut fakta-fakta menarik desa Brantome yang dihimpun dari berbagai sumber:


1. Bangunan Kuno

Di desa itu terdapat sebuah biara kuno yang telah berdiri sejak abad ke-8, Biara Benediktin itu dibuat oleh Charlemagne. Sebetulnya biara asli ini sudah dihancurkan oleh bangsa Viking.

Namun, biara itu kembali dibangun secara bertahap pada abad ke-10 dan 15. Di area biara ini memiliki beragam hal-hal yang menarik, salah satunya lonceng tertua di Prancis.

Ada juga Paviliun Renaissance di ujung boulevard Charlemagne yang membentang sepanjang bagian depan biara, serta tepat di depan paviliun juga terdapat taman indah yang dikenal dengan Taman Biarawan.

2. Pusat Kuliner dan Pasar Lokal

Tentunya di setiap wilayah wisata memiliki pusat kuliner yang khas dan juga pasar lokalnya, begitu pun desa Brantome. Walaupun desanya kecil, tetapi Brantome memiliki beragam restoran yang menyuguhkan makanan khas pedesaan dan salah satunya restoran berbintang Michelin yakni Moulin de L’Abbaye.

Jika ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti sayur-mayur, buah-buahan, perlengkapan aksesoris, kerajinan lokal hingga lainnya, di desa Brantome terdapat hari khusus untuk pasar yang jatuh setiap hari Jumat pagi.

3. Menikmati Desa dengan Berjalan Kaki

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke desa Brantome menikmati wilayah-wilayah dengan berjalan kaki, di desa itu terdapat sebuah kantong parkir yang besar. Kemudian berjalan kaki untuk bisa menikmati keindahan desa tersebut.

Dengan melewati Jembatan Pont Conde yang begitu ikonik di desa Brantome, jembatan itu sudah dibangun sejak tahun 1500-an, yang selalu jadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke sana.

4. Bisa Berkeliling Menggunakan Kano

Karena desa Brantome dilintasi oleh Sungai Dronne, maka sensasi terbaik untuk menikmati desa dengan cara lain adalah menggunakan kano. Wisatawan yang berada di sana bisa menyewa kano selama setengah hari maupun satu hari untuk menjelajahinya.

Bahkan jika wisatawan berkunjung dan bertanya ke kantor informasi turis, petugas di sana akan merekomendasikan wisatawan untuk berkeliling menggunakan sepeda, menunggang kuda, dan tentunya memberikan peta desa.

5. Air Sungai Jernih Lebih dari Venesia

Desa Brantome dijuluki Venesia di Perigord. Foto: Getty Images/Jose Luis Alvarez Esteban

Julukan ‘Venesia di Perigord’ ini bukan hanya karena desa tersebut dialiri oleh sungai, namun lebih dari itu. Sungai Dronne dianggap sebagai salah satu sungai terbersih yang ada di Prancis, hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dengan air yang jernih menjadikan wisatawan bisa melihat apa yang ada biota-biota di dalam sungai. Di sepanjang aliran sungai itu wisatawan bisa melihat bangunan-bangunan kuno yang indah.

Bagi yang ingin bepergian ke Prancis perlu banget coba untuk berkunjung ke desa tersebut, yang jaraknya jika dari Kota Bordeaux hanya memakan waktu dua jam. Waktu tempuh itu akan terbayarkan ketika sampai di desa Brantome.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version