Selasa, Oktober 22


Jakarta

Sebagai Menteri Kebudayaan Fadli Zon bakal didampingi oleh Wakil Menteri Kebudayaan Giring Ganesha. Apa kata Fadli soal Giring?

Usai kegiatan serah terima jabatan dan pisah sambut di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (21/10/2024), Fadli Zon menyampaikan rencana kerja awal untuk kementerian yang dipimpinnya. Dia juga mengomentari Giring yang menjadi wakilnya.

“Mas Giring, saya sudah kenal lama, sudah ngobrol-ngobrol beberapa bulan sebelumnya, walaupun tidak tahu juga waktu itu posisi kami sebagai apa. Dan, beberapa hari lalu juga kami sudah diskusi, nanti Mas Giring sebagai wamen juga akan mendukung aktivitas dan kegiatan ini jadi paling tidak sudah dua kali brainstorming diskusi,” kata Fadli Zon kepada wartawan.


Fadli akan membicarakan rencana kerja bersama Giring sesegera mungkin. Termasuk, soal wacana ada undang-undang yang menyatukan kebudayaan, satu undang-undang besar. Dia mengistilahkan sebagai Omnibus Law kebudayaan. Nantinya di dalamnya dimasukkan undang-undang tentang cagar budaya, perfilman, pemajuan kebudayaan, museum hingga musik.

Fadli menyebut rencana itu membutuhkan perlu adanya pengkajian yang intensif supaya substansinya tepat.

Dia juga akan melibatkan Giring yang berpengalaman di dunia musik untuk mempermudah kinerja pembuatan alur ekosistem budaya yang lebih kekinian. Ya, Giring merupakan sosok yang telah lama berkecimpung di industri musik. Ia juga sempat menjadi vokalis band kenamaan di Indonesia, Nidji.

“Saya kira demikian karena Mas Giring kan pelaku juga, dia juga seorang penyanyi, musisi, pencipta lagu. Jadi saya pasti akan sangat terbantu dengan terutama industri budaya dengan media baru, kawan-kawan baru, saya kira ini akan sangat bagus,” kata dia.

Giring resmi dilantik menjadi Wakil Menteri Kebudayaan pada hari yang sama dengan pelantikan Fadli Zon sebagai Menteri Kebudayaan. Namun yang membedakan hanya waktunya saja, menteri dilantik pada pukul 10.00 WIB dan wakil menteri sekitar pukul 15.00 WIB.

(upd/fem)

Membagikan
Exit mobile version