Senin, Oktober 7

Jakarta

Saat ditraktir makan, ada etiket yang perlu diperhatikan agar terlihat sopan. Pembaca detikfood juga tertarik mengetahui rekomendasi burger enak di Bandung dan bakmi ayam kampung di sekitar Jakarta.

Budaya mentraktir makan masih jamak di Indonesia. Biasanya seseorang yang sedang merayakan hari spesial atau pencapaian tertentu akan mentraktir makan orang-orang di sekitarnya. Namun, bagi yang ditraktir, hindari aji mumpung.

Beberapa etiket perlu dipraktekkan agar terlihat sopan dan tidak membuat kecewa mereka yang mentraktir makan. Tak sekadar mengucapkan terima kasih, tapi ada hal yang perlu diperhatikan saat pesan dan bayar makanan.


Di Bandung, terdapat gerai burger yang menyajikan burger spesial dan gaya Amerika. Tentunya tempat ini bisa jadi pilihan destinasi wisata kuliner baru, jika bosan dengan makanan tradisional atau coffee shop di kota kembang.

Tempat makan burger ini menawarkan roti (bun) dan patty daging sapi homemade yang juicy. Ditambah aneka topping seperti keju, irisan daging, dan yang lainnya sehingga makin mantap.

Beberapa penggemar mi punya jenis spesifik yang disukai, salah satunya bakmi ayam kampung. Cita rasanya lebih gurih karena kaldunya lebih kuat dan ditambah topping ayam kampung rebus yang royal.

Bakmi ayam kampung jadi menu andalan beberapa tempat makan mie di Jakarta dan sekitarnya. Sajian mereka terkenal enak dan selalu laris. Di mana saja ya tempat menikmatinya?

Berikut deretan berita terpopuler detikfood yang menarik perhatian pembaca kemarin (6/10/2024):

1. Etiket ditraktir makan

Jangan Aji Mumpung! Ini Etiket Saat Ditraktir Makan di Restoran Foto: Getty Images/Edwin Tan

Pakar etiket, Ellen Tendean mengungkap hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita ditraktir makan. Dari persoalan memilih menu, hindari aji mumpung pesan menu mahal. Ellen mengatakan, “Jika teman yang mentraktir memilih terlebih dahulu, pilihlah harga yang kurang lebih sama dengan pilihannya.”

Lalu ketika bayar makanan, jangan ‘kepo’ ingin tahu jumlah yang dibayarkan karena bisa membuat pentraktir makan risih. “Kecuali jika kalian memang berniat untuk patungan atau membayar masing-masing,” kata Ellen.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version