Selasa, Oktober 22


Jakarta

Pamer makan omakase di rumah sakit, Erina Gudono dikritik netizen. Selain dinilai tak etis, netizen juga menyoroti keamanan dan kebersihan menikmati omakase di rumah sakit.

Erina Gudono kembali disentil netizen setelah memamerkan momen menikmati omakase di rumah sakit pasca melahirkan. Netizen menilai sikap Erina tidak peka terhadap emosi dan kesulitan orang lain.

Mengingat harga paket omakase dari restoran Zutto yang dipesan Erina Gudono dan Kaesang tersebut harganya terbilang tinggi, yakni berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 13.000.000.


Namun, di samping itu, tak sedikit juga netizen yang menyoroti soal keamanan dan kebersihan menikmati omakase di rumah sakit. Dilihat dari bahannya, kebanyakan menunya terbuat dari ikan mentah.

Erina Gudono Pamer Makan Omakase Mewah di RS. Foto: Instagram @Erinagudono

Seperti yang diungkap oleh pengguna X @falla_adinda, ia mengatakan bahwa ikan mentah rentan terhadap bakteri. Belum lagi rumah sakit yang pastinya ruangannya tidak steril.

“Netizen bertanya ‘Memang boleh membawa omakase sashimi ke rumah sakit kan banyak bakteri?’ Emang rumah sakit gak ada peraturannya?,” bunyi cuitan netizen di X (17/10/24).

Ia berpendapat bahwa tak seharusnya menikmati omakase dengan menu ikan mentah. “Bruh dari dulu sampai sekarang kayaknya yang pernah makan omakase mentah baru doi doang,” tuturnya.

“Rumah sakit mana juga gak kepikiran untuk bikin peraturan dilarang omakase,” lanjutnya. Hal yang sama juga disampaikan oleh pengguna akun X @Noorainzainub5 (17/10/24).

Kebersihan dan higienitas makan omakasi di RS menjadi sorotan netizen. Foto: Instagram @Erinagudono

“Sepertinya masih banyak yang bingung ya. Memang sebaiknya hindari makan omakase sashimi di rumah sakit, karena risiko bakteri lebih tinggi. Tapi ya, sepertinya rumah sakit belum pernah mikir perlu ada peraturan seperti itu,” tuturnya.

“Lagi ngapain sih Erina? Baru lahiran malah manggil omakase. Kalau haus tuh minum. Rumah sakit itu tempat orang sakit, kuman dimana mana, lu lagi rentan, imun tubuh lu masih lemah. Risiko infeksi dari makanan mentah itu tinggi, terus wagyu A5?,” ujar akun @lambetullah.

Menikmati omakase di rumah sakit sangat disoroti belakangan ini. Omakase sendiri merupakan tradisi makan di Jepang di mana hubungan antara juru masak dan pelanggan dianggap sangat sakral.

Chef dihormati sebagai seniman kuliner yang menguasai teknik dan pengetahuan soal bahan makanan. Dalam bahasa Jepang, omakase berarti menyerahkan diri kepada chef.

Jadi, pelanggan akan diberi kejutan dengan menu-menu buatan chef yang tidak ditawarkan di restoran manapun. Yang disoroti adalah risiko kontaminasi bakteri.

Mengingat menu makanan yang kebanyakan terbuat dari ikan mentah. Dan omakase tersebut dilakukan di dalam ruangan rumah sakit yang rawan akan kuman dan bakteri.

Seperti dalam video unggahan Erina Gudono yang memperlihatkan sebongkah ikan tuna segar. Ikan tuna tersebut kemudian diolah sebagai Akami, Chutoro, hingga Otoro, seperti yang tercatat dalam daftar menu yang dipesan Erina Gudono.

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version