Senin, Oktober 28
Bandung

Sebuah komplek pemakaman tentara Belanda yang berperang selama masa Perang Dunia ke-2 ternyata ada di Bandung. Namanya komplek Ereveld Pandu.

Komplek Ereveld Pandu ini merupakan salah satu dari 7 Komplek Ereveld yang ada di Indonesia. Ereveld Pandu merupakan sebuah komplek pemakaman kehormatan Belanda yang berada di daerah Padjajaran, Kota Bandung.

Ereveld Pandu ini memiliki banyak cerita dan misteri yang masih tersimpan hingga saat ini. Komplek Ereveld Pandu resmi berdiri pada tanggal 7 September 1949 di Padjajaran Bandung.


Tempat ini memiliki luas Sekitar 3,1 Hektar. Pemakaman Ini dikelola langsung oleh Oorlogsgravenstichthing Indonesië atau Yayasan Pemakaman Kehormatan Belanda.

Komplek Ereveld Pandu menjadi tempat pemakaman bagi 4.000 jasad dari kalangan tentara dan tokoh Belanda yang meninggal di kamp konsentrasi Jepang.

Sebagian besar korban merupakan Tentara KNIL Atau Angkatan darat kerajaan Belanda. Namun bukan hanya tokoh militer saja, warga sipil yang menjadi korban dari kekejaman penjajahan Jepang.

Selain memiliki sejarah yang sangat menarik, Ereveld Pandu memiliki tempat yang bagus dan menarik untuk dikunjungi bagi keluarga dan umum untuk belajar mengenal sejarah pada masa perang dunia ke-2.

Hingga saat ini, komplek Ereveld Pandu masih terawat dan dikelola dengan baik oleh pihak yayasan, sehingga setiap hari banyak kunjungan dari berbagai kalangan mulai para tamu dari Belanda hingga anak-anak muda.

Harapan dari banyaknya kunjungan memberikan pengetahuan dan sejarah yang baru bagi generasi muda.

Membagikan
Exit mobile version