Jumat, Oktober 11


Jakarta

Cristiano Ronaldo tak hanya pesepakbola sukses, tapi juga pengusaha yang dermawan. Pegawai hotelnya digaji yang lebih tinggi dari hotel lain.

Dilansir dari VN Express pada Jumat (11/10/2024), jaringan hotel Cristiano Ronaldo membayar gaji 25 persen lebih tinggi dari upah rata-rata dunia. Gaji pegawainya setelah dipotong pajak menjadi USD 2.500 atau Rp 39 jutaan per bulan. Sementara itu, mereka diberi cuti tahunan sampai 50 hari.

Untuk bisa direkrut oleh jaringan hotel Ronaldo, kandidat pekerja harus memiliki pengalaman luas dalam industri perhotelan dan fasih dalam berbagai bahasa.


Ronaldo saat ini memiliki tujuh hotel di bawah merek Pestana CR7, dengan lokasi di Lisbon dan Funchal (Portugal), Madrid (Spanyol), New York (AS), dan Marrakesh (Maroko).

Di luar bisnis perhotelan, bintang sepak bola berusia 39 tahun ini juga mendirikan Insparya, sebuah klinik transplantasi rambut di Madrid. Ia juga semakin mendiversifikasi usahanya dengan lini mode pria, termasuk pakaian dalam dan sepatu.

Kekayaan bersih Ronaldo diperkirakan sekitar USD 1 miliar. Kontraknya dengan klub Arab Saudi Al Nassr, yang berlangsung dari Januari 2023 hingga Juni 2025, menghasilkan sekitar USD 200 juta per tahun, termasuk gaji, bonus, dan kewajiban promosi. Selain itu, Ronaldo memperoleh sekitar USD 150 juta per tahun dari dukungan dan kontrak bisnis. Kedua aliran pendapatan tersebut sebelum pajak.

Ronaldo adalah salah satu pesepakbola paling berprestasi dalam sejarah, dengan karier gemilang yang mencakup gelar Euro 2016, lima gelar Liga Champions, dan lima Ballon d’Or. Ia adalah pencetak gol paling produktif dalam sejarah dengan 905 gol sepanjang kariernya, termasuk 140 gol di Liga Champions, yang merupakan rekor turnamen tersebut.

Superstar asal Portugal ini juga memiliki banyak pengikut di media sosial, dengan 613 juta pengikut di Instagram, 170 juta di Facebook, 113 juta di X, dan 64 juta di YouTube.

(bnl/fem)

Membagikan
Exit mobile version