Minggu, Oktober 13


Jakarta

Elvy Sukaesih adalah salah satu ikon musik dangdut di Indonesia. Dia tetap menunjukkan eksistensinya hingga sudah 60 tahun berkarier.

Dengan suara yang masih merdu dan penampilan yang memukau, pelantun Sekuntum Mawar Merah itu terus menghibur penggemarnya. Ia lalu berbagi tentang bagaimana merawat suara.

“Nah ini aku nggak pernah jaga suara. Sambel dimakan, nggak pantangan. Cuma kalau aku mau recording, gorengan yang minyak banyak aku hindarkan. Minyak dapat merubah tenggorokan kita berlendir,” ujarnya di Brownis Trans TV, pada Jumat (11/10/2024).


Meskipun tidak mengikuti banyak pantangan, Elvy tetap memperhatikan asupan yang dapat mempengaruhi kualitas vokalnya. Ketika ditanya tentang kebiasaannya sebelum tampil, ia mengungkapkan tak pernah makan sebelum manggung.

“Dan kebiasaan aku kalau mau di stage, mau nyanyi disuruh makan dulu aku nggak mau, karena kalau sudah makan, mau ini-ini akhirnya ganggu tenggorokan. Saya biasa setelah saya tugas baru makan,” ungkapnya.


Elvy Sukaesih juga berbicara tentang kekhawatiran keluarga mengenai dirinya yang sudah tidak muda lagi. Bahkan ia sempat dikomplain anak.

“Oh iya terutama Tria, dapat komplain dari besan teman-temannya, dari orang-orang yang sama kayak aku umurnya. Tria ngomong Jawa, Umi kok masih manggung gitu kan. Gimana aku nggak bisa dilarang,” jelasnya.

Elvy merasa panggung adalah bagian dari dirinya. Meskipun ada kekhawatiran dari anak-anaknya, ia merasa bahwa itu adalah bagian dari seni yang dicintai sejak kecil.

“Pas aku manggung, jalan sampai anak-anak bilang umi ini sakit sebenarnya apa nggak,” pungkasnya.

(fbr/mau)

Membagikan
Exit mobile version