Jumat, Oktober 11


Jakarta

Elon Musk memamerkan robotaxi yang sudah ditunggu-tunggu. Robotaxi yang diberi nama Cybercab itu adalah mobil otonom, tanpa setir dan juga pedal!

CEO Tesla Elon Musk lagi-lagi bikin kejutan. Musk baru saja memamerkan robotaxi (taksi robot) bernama Cycbercab yang hadir dengan pintu gull-wing ala mobil sport. Menariknya lagi, Cybercab Tesla itu tak punya setir dan juga pedal. Diberitakan The Guardian, Cybercab rencananya akan masuk jalur produksi mulai tahun 2026.


[Gambas:Twitter]

Soal harga, Cybercab kabarnya akan dijual dengan banderol di bawah USD 30.000 atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 467 jutaan. (1 USD = Rp 15.566). Dengan mengusung teknologi otonom sepenuhnya, Cybercab akan sangat membantu pengendara. Kamu tak perlu lagi repot dan membuang waktu mencari parkir, misalnya. Mobil akan bergerak sendiri mencari lokasi parkir yang sesuai.

Pembuatan Cybercab dipercaya cukup memakan waktu yang lama guna memastikan keamanan dan keandalannya. Mengingat ada rentetan kecelakaan yang dialami pengendara saat mengaktifkan mode otonom pada mobilnya. Belum lagi bila mobil dihadapkan situasi yang rumit seperti persimpangan ramai atau pejalan kaki.

Namun Musk percaya diri mengatakan mobil otonom ini 10 kali lebih aman daripada manusia dan bisa dikendarai 5-10 kali lebih lama.

“Masa depan otonom udah di sini. Dengan otonomi, Anda bisa mendapatkan waktu Anda kembali. Ini menyelamatkan nyawa, banyak nyawa, dan mencegah cedera” ungkap Musk.

Pasalnya, dalam pengembangan Cybercab, Tesla mengumpulkan data pengendara dari jutaan pemilik mobilnya.

“Dengan jumlah data sebanyak itu, jelas akan jauh lebih baik daripada yang bisa dilakukan manusia karena Anda tidak bisa hidup sejuta tahun. Dia tidak akan lelah dan tak mengirim pesan, ini akan menjadi 10,20, hingga 30 kali lebih aman daripada manusia,” tutur Musk.

Musk sebelumnya pernah mengungkap bahwa dia berencana untuk mengoperasikan armada taksi Tesla tanpa pengemudi yang dapat dipesan oleh penumpang melalui aplikasi. Paemilik Tesla juga bisa menghasilkan uang dari aplikasi tersebut dengan mendaftarkan kendaraan mereka sebagai robotaxi.

Selain mengenalkan Cybercab, Tesla juga mengumumkan van robot yang bisa mengangkut 20 orang sekaligus barang. Namun Musk tak mengumumkan lebih detail soal harga maupun waktu produksinya.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version