Jumat, Juni 28


Palembang

Remaja di Palembang yang menghabiskan masa mudanya pada tahun 80-90an pastinya sudah tak asing dengan Pempek Unyil. Sekarang, begini kondisi tempat nongkrong muda-mudi Palembang yang eksis saat itu.

Masa tahun 1980-1990an, bagi remaja laki-laki dan perempuan di kota Palembang, banyak yang tak asing dengan Pempek Unyil. Lokasinya di Jalan Kepandean, daerah 18 Ilir Kecamatan Ilir Timur I Palembang.

Dulu Pempek Unyil merupakan salah satu tempat favorit remaja nongkrong dan berpacaran. Di sini tersedia aneka makanan dan minuman khas Palembang.


Menurut Lusi (50), jika mendengar nama Pempek Unyil dirinya langsung ingat masa-masa remaja yang hampir setiap Minggu ke tempat makan Pempek Unyil bersama suaminya dulu.

“Seingat saya saat itu tahun 1985an, saya dan suami setiap Minggu ke Pempek Unyil untuk menghabiskan waktu mengobrol dan menikmati makanan beragam jenis Pempek, saat itu saya dan suami masih pendekatan, tempat itu memang terkenal semua remaja Palembang tahun 80-90an itu pasti pernah ke Pempek Unyil,”katanya kepada detikSumbagsel Jumat (21/6/2024).

Lusi menjelaskan harga Pempek Unyil dulu per satu biji Rp 500 dan harga es campuran Rp 800. Menurut Lusi, Pempek Unyil merupakan tempat nongkrong makan pempek yang lumayan mewah.

“Namun sayang hampir masuk tahun 2000-an Pempek Unyil yang berada di Jalan Kepandean, daerah 18 Ilir berangsur sepi dan akhirnya tutup karena sudah banyak saingan,” ujarnya.

Lokasi ini menjadi tempat kumpulnya pasangan muda-mudi di Palembang tahun 90-an Foto: Irawan

Sementara itu, Budayawan Palembang Mang Amin mengatakan pada era 80-90an di kawasan Jalan Kepandean selain Pempek Unyil memang ada beberapa tempat kedai pempek yang sangat digemari.

“Di lingkungan itu memang terkenal dengan pempeknya. Dan pada masa itu Bujang Gadis Palembang berlomba-lomba mengajak pasangan ke lokasi itu karena memang hits untuk tempat muda-mudi. Di sana, selain Pempek Unyil, ada juga yang namanya Pempek Remaja dan Pempek Taman Sari, tapi memang Pempek Unyil yang paling terkenal,” katanya.

Saat ini, pantauan detikSumbagsel di lokasi Pempek Unyil dan beberapa kedai pempek lainnya di Jalan Kepandean, daerah 18 Ilir Kecamatan Ilir Timur I Palembang yang sempat terkenal tahun 80-90an tinggal kenangan.

Tidak terlihat lagi bekas ruko jualan Pempek Unyil tersebut kini yang terlihat hanyalah ruko yang berjualan pakaian dan sepatu.

Artikel ini sudah tayang di detiksumbagsel dengan judul “Nostalgia Pempek Unyil, Tempat Kongkow Muda Mudi Palembang Era 90-an”

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version