Jumat, September 13


Jakarta

Sebuah poster tentang buah nasional dari negara-negara di ASEAN viral. Disebutkan pula durian sebagai buah nasional Singapura yang berujung dikritik tajam.

Durian menjadi raja buah yang paling populer terutama di Asia Tenggara. Hampir setiap negara ASEAN memiliki jenis-jenis durian yang menjadi unggulannya, begitu pula dengan buah-buahan nasional lainnya.

Sebagai negara satu rumpun yang terikat dalam organisasi ASEAN keakraban negara-negara anggotanya begitu erat. Tetapi sebuah kehebohan justru terjadi usai sebuah poster infografis viral.


Sekilas infografis yang viral tersebut tidak memiliki masalah apapun dalam tampilannya. Tetapi ada pernyataan yang membuat para netizen tak terima dengan informasi di dalamnya.

Netizen tak terima durian disebut buah nasional dari Singapura. Foto: (Avitia/detikTravel)

Weird Kaya (20/8) melaporkan kehebohan yang terjadi, terutama pada netizen Malaysia, terhadap infografis bertajuk buah-buahan nasional dari negara-negara ASEAN. Tertera ada 8 negara dan simbol buah-buahan nasionalnya dalam infografis yang diunggah oleh ASEAN Skyline.

Dimulai dari Vietnam dengan buah naga, Thailand dengan manggis, Indonesia dengan durian, Malaysia dengan durian dan pepaya. Kemudian dilanjut dengan Myanmar dan belimbing wuluhnya, Singapura dengan duriannya, Filipina dengan Mangganya, hingga Kamboja dengan pisang.

Tetapi dari daftar tersebut ada salah satu negara yang diprotes oleh netizen. Negara itu adalah Singapura yang diakui memiliki durian sebagai buah nasional mereka.

Hal ini berkaitan dengan negara Singapura yang dianggap tak memiliki tanah luas untuk berkebun. Negara mungil yang bertetangga dengan Malaysia dan Indonesia ini dianggap sebagai negara yang hanya dipenuhi oleh perumahan dan bangunan-bangunan saja.

Alasannya karena Singapura tak memiliki tanah luas untuk membudidayakan durian. Foto: Weird Kaya

“Orang Singapura menanam durian di atas atapnya. Bagaimana kalian tidak tahu? Jika tidak percaya, coba saja lihatnya sendiri,” ejek salah satu netizen.

“Di mana ada perkebunan durian di Singapura? Di atas atap apartemen mereka kah?” timpal netizen lain.

Faktanya Singapura memang tidak disebut sebagai salah satu negara penghasil durian seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia. Tetapi merujuk pada jurnal Strategi Varietas, Budidaya, dan Pemasaran Durian di Tiga Negara ASEAN: Thailand, Malaysia, Singapura, negara ini terkenal sebagai pasar utama untuk kawasan Asia Tenggara.

Bukan berarti negara Singapura sama sekali tidak bisa menanam durian. Hanya saja salah satunya cara untuk menanam durian di negeri ini adalah dengan mengandalkan taman agroteknologi saja.

(dfl/odi)

Membagikan
Exit mobile version