Senin, Juli 1

Jakarta

Hubungan Apple dan Meta sempat tidak akur karena isu terkait privasi, toko aplikasi, dan lain-lain. Kini Apple sedang mendekati perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu untuk kolaborasi tentang kecerdasan buatan (AI).

Menurut laporan Wall Street Journal, Apple dan Meta sedang membahas kemitraan untuk mengintegrasikan model Meta AI guna mentenagai fitur-fitur Apple Intelligence di perangkat terbarunya.

Apple juga membahas kolaborasi serupa dengan startup AI lainnya, termasuk Anthropic dan Perplexity. WSJ melaporkan saat ini diskusi tersebut belum selesai dan masih ada kemungkinan akan gagal.


Kemitraan yang dibahas Apple dengan Meta, Anthropic, dan Perplexity kemungkinan sama seperti yang sudah mereka lakukan dengan OpenAI. Pada event WWDC awal bulan ini, Apple resmi mengumumkan kolaborasi dengan OpenAI untuk menghadirkan ChatGPT di sistem operasi terbaru untuk iPhone, iPad, dan Mac.

Dalam event tersebut SVP of Software Engineering Apple Craig Federighi juga menyebutkan nama Google Gemini sebagai salah satu model AI yang bisa dimasukkan ke Apple Intelligence di masa depan.

“Kami ingin memudahkan pengguna untuk memilih model (AI) yang mereka inginkan,” kata Federighi saat itu, seperti dikutip dari Engdaget, Senin (24/6/2024).

Tapi untuk saat ini hanya OpenAI yang sudah dikonfirmasi sebagai mitra Apple. Model AI GPT-4o milik OpenAI akan diintegrasikan ke dalam Apple Intelligence untuk meningkatkan kemampuan Siri dan aplikasi lainnya.

Integrasi GPT-4o di Siri dapat diakses pengguna Apple secara gratis. Berdasarkan ketentuan kesepakatan, OpenAI tidak boleh mengumpulkan data pengguna dan harus menghapus semua informasi setelah permintaan selesai diproses.

Apple Intelligence akan tersedia pada tahun ini sebagai bagian dari update iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia. Layanan AI ini akan tersedia dalam bahasa Inggris terlebih dulu, untuk iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac yang menjalankan chip M1 atau lebih baru.

(vmp/rns)

Membagikan
Exit mobile version