Jumat, September 20


London

Penyanyi Katy Perry mendukung tim nasional Inggris dalam final Euro 2024. Namun, alih-alih memakai ikon bendera Inggris, ia malah menggunakan ikon bendera Britania Raya.

Dalam euforia final Euro 2024, artis internasional Katy Perry tak mau ketinggalan dalam menyerukan dukungannya ke salah satu tim yang berlaga. Inggris menjadi jagoannya pada final kali ini.

Adapun Katy Perry memiliki keturunan Jerman, Portugis, Irlandia, dan Inggris. Itu pula yang mungkin menjadi alasan kuatnya mendukung tim The Three Lions.


“FOOTBALL IS COMING HOME,” seru Katy di akun X pribadinya (dulunya Twitter). Ia pun juga mencantumkan simbol bendera Britania Raya dalam cuitannya.

Namun, postingan itu pun mengundang reaksi warganet. Banyak warganet berusaha mengoreksi cuitannya.

“Ini benderanya (bendera inggris), terima kasih kembali,” tulis warganet sambil menyantumkan ikon bendera Inggris yang benar.

“Inggris ≠ United Kingdom,” tulis yang lain.

“Itu bendera yang salah Katy. Tidak semua orang di UK akan mendukung Inggris,” tambah yang lain.

Perbedaan bendera

Ilustrasi bendera Inggris. (Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)

Adapun bendera Inggris yang benar adalah bendera St. George Cross atau dikenal dengan salib santo George. Bendera itu berwarna latar putih dengan salib warna merah melintang secara presisi di tengahnya.

Bendera itu adalah bendera nasional Inggris pertama yang dipakai pada abad ke-16, tepatnya setelah abad pertengahan dan Perang Salib. Saat itu, bendera itu merepresentasikan keseluruhan Kerajaan Inggris dan Wales. Namun, kini bendera itu hanya merepresentasikan negara Inggris.

Bendera Union Flag yang melambangkan bendera Britania Raya. (detikcom/REUTERS/Phil Noble)

Adapun simbol bendera yang diposting oleh Katy Perry bernama Union Flag atau Union Jack. Bendera itu merupakan bendera Britania Raya. Mengutip situs royal.uk, Senin (15/7/2024), disebut demikian karena bendera itu menggabungkan simbol tiga salib dari tiga negara yang bersatu di bawah satu penguasa, yakni kerajaan Inggris dan Wales, Skotlandia, dan Irlandia.

Bendera itu terdiri atas tiga salib heraldik. Salib St George, santo pelindung Inggris sejak tahun 1270-an, adalah salib berwarna merah dengan latar belakang putih.

Setelah James I naik takhta, bendera ini digabungkan dengan salib St Andrew pada tahun 1606. Salib St Andrew, santo pelindung Skotlandia, adalah salib putih diagonal di atas dasar biru. Lalu ada Salib St Patrick, santo pelindung Irlandia, adalah salib merah diagonal di atas dasar putih.

Simbol-simbol itu digabungkan dengan bendera persatuan sebelumnya yaitu bendera St George dan St Andrew, setelah Undang-Undang Penyatuan Irlandia dengan Inggris (dan Wales) dan Skotlandia pada tanggal 1 Januari 1801, untuk menciptakan bendera persatuan yang dikibarkan sejak saat itu.

Dengan kata lain, bendera Union Jack yang diunggah Katy Perry adalah bendera Britania Raya yang mencakup negara Skotlandia, Wales, dan Irlandia.

(wkn/wsw)

Membagikan
Exit mobile version