Kamis, Oktober 10


Jakarta

Penjual yogurt homemade ini curhat punya pelanggan yang menyebalkan. Bukannya mendukung, pelanggan itu malah minta resep untuk menjadi pesaing.

Sebagai penjual makanan, menghadapi berbagai model pembeli sudah menjadi makanan setiap hari. Mulai dari pembeli yang protes harga, tak puas dengan porsi, sampai yang tak masuk akal sekalipun.

Seperti yang dialami oleh wanita penjual yogurt di Malaysia ini. Melalui video TikToknya ia menceritakan pengalaman menyebalkan selama berjualan yogurt di gerai kaki lima, lapor mStar (06/10/24).


Yogurt dagangannya tersebut dibuat secara homemade. Rasanya yang lezat membuat gerai yogurtnya tersebut ramai diantre pembeli. Namun, ada pelanggan yang menyebalkan.

Penjual yogurt dimintai resep oleh pelanggannya sendiri ilustrasi. Foto: iStock

Tanpa rasa sungkan, pelanggan tersebut minta diajarkan resep rahasia membuat yogurt sama seperti di gerainya. Berawal ketika ia mendapat telepon dari nomor yang tak dikenal.

Ketika diangkat, penelepon itu mengajak wanita si penjual yogurt ketemuan untuk minta diajarkan cara membuat yogurt. Penelpon itu juga meminta dukungan untuk berjualan yogurt seperti dirinya.

“Saya datang dari jauh mau ajak ketemuan buat minta diajarkan bikin yogurt. Aku berharap kamu bisa membantu sesama,” tutur penelpon seperti yang diceritakan lewat video TikTok.

Dengan sabar ia menjelaskan bahwa ia belum bersedia ketemuan apalagi mengajarkan resep yang sudah dipelajari lama. Apalagi itu merupakan resep rahasia dagangannya sendiri.

Ilustrasi yogurt Foto: iStock

“Di sini saya perjelas saya tidak pernah membuka kelas resep yogurt saya dan saya gak bersedia untuk memberikan resep rahasia saya yang saya pelajari dengan trial and error,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kejadian tersebut tidak hanya terjadi 1-2 kali saja. Keesokkannya, ia kembali menerima telepon dari nomor yang tak dikenal. Permintaannya pun lebih menyebalkan dan tak beretika.

Penelepon tersebut menawarkan yogurt dagangannya yang dibuat menggunakan resep si wanita yang dibagikan di video TikToknya. Wanita penjual yogurt itu membenarkan bahwa ia memang membagikan cara membuat yogurt di video TikToknya.

Jika orang lain ingin membuat yogurt dengan resep yang dibagikan di video TikToknya tersebut, ia pun bersedia. Namun, jika membagikan secara khusus apalagi memberi dagangan dari orang lain yang dibuat pakai resepnya.

“Pelanggan itu bilang, ‘Kamu gak mau bantu bisnis saya? Nantikan kamu gak perlu lagi capek-capek buat yogurt. Yogurt saya ini saya buat juga dengan resep mu di TikTok’,” ujarnya menceritakan.

Ia sampai tak bisa berkata-kata menghadapi pelanggan seperti itu. Menurutnya sangat tidak beretika ketika seseorang minta resep apalagi ingin jadi pesaing.

Videonya ramai ditanggapi netizen. Banyak netizen yang ikut kesal dengan sikap pembeli seperti itu. “Kok bisa kepikiran ya dia udah minta resep malah mau jadi pesaing,” tulis netizen.

“Ini gak masuk di akal aku, gak etis rasanya ya,” tulis netizen lainnya.

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version