Jumat, Mei 17


Jakarta

Netizen Malaysia berdebat mengenai kwetiau mana yang asli. Apakah yang disajikan kering atau disajikan dengan kuah?

Malaysia dikenal sebagai negara multikultural yang memiliki banyak kuliner dengan pengaruh dari negara lain. Seperti kwetiau yang mendapat pengaruh dari China.

Kwetiau merupakan sejenis mie China berwarna putih dan pipih yang terbuat dari tepung beras. Kwetiau dimasak dengan cara digoreng dan dilengkapi dengan berbagai bahan dan sayuran.


Mulai dari daging ayam, bakso, sawi, tauge, dan lainnya. Selain populer di Indonesia, kwetiau juga terkenal di Malaysia. Namun, belakangan netizen Malaysia berdebat soal kwetiau.

Duh! Netizen Ribut Berdebat Kwetiau yang Asli Pakai Kuah atau Kering Foto: X @MalaysianFoods

Mereka berdebat menentukan mana kwetiau yang original, apakah yang disajikan kering atau yang disajikan dengan kuah. Perdebatannya ramai sampai menjadi trending di X.

Dilansir dari World of Buzz (13/04/24) perdebatan tersebut berawal dari cuitan @MalaysianFoods yang mengulas kwetiau di sebuah restoran di Sungai Buloh, Malaysia.

“Yang ini kwetiau paling enak. Sudah sering makan di sini dan memang rasanya tak mengecewakan. Udang dan kerang dia memang segar, 5/5,” bunyi cuitannya.

Namun, cuitan tersebut mendapat reaksi yang tak terduga karena menu yang dimakan tidak terlihat seperti kwetiau biasanya. Pasalnya kwetiaunya disajikan dengan kuah.

Gurih Mulur! 5 Kwetiau Sapi Khas Pontianak yang Populer LezatnyaIlustrasi kwetiau Foto: Instagram/Istimewa

“Ini bukan kwetiau!,” cetus netizen.

“Hidangan seperti itu bukan kwetiau sesungguhnya. Ini tidak pantas disebut kwetiau,” sahut netizen lainnya.

Lebih lanjut, banyak netizen yang berpendapat bahwa kwetiau tidak boleh disajikan dengan kuah. Dalam penyebutan di Malaysia, kwetiau disebut char kuey teow.

Kata ‘char’ tersebut artinya digoreng, sehingga banyak netizen yang berpendapat bahwa kwetiau atau char kuey teow harusnya disajikan kering tanpa kuah.

Menyoroti mengapa kwetiau disajikan basah, ada juga pengguna X lainnya yang mengatakan untuk meributkan bagaimana cara penyajian kwetiau.

“Ini hanya makanan, biarkan saja,” tulis netizen.

“Tapi kalau saya, yang basah saya sebut char kuey teow dan yang kering saya sebut kuey teow goreng. Tolong jangan serang saya,” tulis netizen lainnya.

Simak Video “Bikin Laper: Nggak Ada Lawan! Laksa Kwetiau Ini Creamy Sedap
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version