
Jakarta –
Dapat keluhan dari pelanggan yang alergi usai makan saus restoran, karyawan ini malah tak sengaja bocorkan resep rahasia restoran. Terancam dipecat?
Resep masakan suatu restoran umumnya bersifat rahasia. Pasalnya resep masakan tersebut menjadi kunci daya tarik yang membedakan dengan masakan di restoran lainnya.
Karenanya banyak restoran yang meminta agar karyawannya tidak membocorkan rahasia tersebut. Namun, karyawan ini malah tak sengaja membocorkan karena ada pelanggan yang alergi.
Padahal ia sudah menandatangani perjanjian untuk tidak membongkar resep tersebut saat pertama kali bekerja di sana.
Dikutip dari Newsweek (03/03/25) seorang karyawan di sebuah restoran yang ada di Amerika menceritakan kejadian panik ketika ia mendapat komplain dari pelanggannya.
Ilustrasi karyawan restoran mendapat komplain via telepon. Foto: iStock
|
Pelanggan itu menelepon langsung berteriak meminta pertanggungjawaban atas putrinya yang mengalami alergi usai makan saus dari restoran tersebut.
“Dia komplain tentang putrinya yang makan salah satu saus kami dan langsung mengalami reaksi alergi. Bahkan dia tidak membiarkan saya berbicara,” tutur karyawan restoran.
Tak lama kemudian, pelanggan itu mulai menuntut untuk mengetahui bahan-bahan saus yang dikonsumsi putrinya. Karyawan itu menegaskan bahwa ia tidak bisa memberi tahu.
“Tapi dia semakin berteriak, dan bilang bahwa dia tidak peduli apakah itu resep rahasia atau tidak. Saya bingung, kenapa dia terus memaksa daripada ke rumah sakit,” tuturnya.
|
Karena merasa terdesak, ia akhirnya keceplosan mengungkap bahan-bahan pada pembuatan saus tersebut. Pelanggan itu semakin marah dan meminta nomor manajer restoran.
“Dia meminta saya memberikan nomor telepon manajer saya. Lalu, pelanggan itu juga menyebut bahwa restoran kami palsu karena bukan asli lokal,” lanjutnya.
Setelah panggilan tersebut, manager menindaklanjuti untuk mendapatkan kronologi dari sisi pelanggan, tetapi sayangnya masalah tidak berhenti di situ.
Pelanggan itu kemudian mengunggah ulasan negatif di media sosial. Dalam ulasannya, ia mencantumkan semua bahan saus rahasia dan menuduh restoran kami lalai.
|
Kasus ini menjadi ramai setelah dibagikan di media sosial. Banyak netizen yang menyayangkan sikap pelanggan yang terkesan mendesak.
“Menurut saya ini bukan salah restoran ya, karena dia seorang ibu yang seharusnya paham dengan alergi putrinya, bisa bertanya terlebih dulu sebelum pesan,” tulis netizen.
“Kenapa dia gak ke rumah sakit aja sih, daripada teriak-teriak kayak gitu. Ya restoran tanggung jawab, tapi ada etikanya,” tulis netizen.
Sementara itu, menurut Food Allergy Research & Education (FARE), restoran harus memiliki protokol yang jelas untuk menangani pertanyaan terkait alergi.
Karyawan disarankan untuk mengomunikasikan alergen tertentu daripada membocorkan seluruh daftar bahan guna menjaga keamanan dan kerahasiaan hak milik.
“Kalau bertanya soal alergen itu masih masuk kala, tapi kalau menuntut resep lengkap itu sudah melewati batas,” tuturnya.
(raf/odi)