Rabu, Oktober 2

Jakarta

Akhir tahun ini akan ada beberapa ponsel Android kelas flagship yang akan diluncurkan, seperti Oppo Find X8 series, Vivo X200 series, dan Xiaomi 15 series. Tapi sejumlah analis memperkirakan ponsel-ponsel ini akan dibanderol dengan harga lebih tinggi ketimbang pendahulunya.

Tiga lini ponsel di atas akan mengusung chipset MediaTek Dimensity 9400 dan Snapdragon 8 Gen 4 yang akan diumumkan bulan depan. Bocoran terbaru mengatakan dua chip flagship ini akan memiliki harga lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya.

Tipster Digital Chat Station mengatakan Dimensity 9400 dan Snapdragon 8 Gen 4 mengalami kenaikan harga sekitar 20% dibandingkan pendahulunya. Pasalnya, biaya produksi menggunakan fabrikasi 3nm milik TSMC juga lebih tinggi.


Secara spesifik, Digital Chat Station mengatakan harga Snapdragon 8 Gen 4 sekitar USD 190 dan Dimensity 9400 sekitar USD 155. Namun, tipster ini mengatakan harga tersebut hanya estimasi kasar karena harga chipset bisa bervariasi tergantung volume produksi dan perjanjian eksklusif.

Ini bukan pertama kalinya kabar soal kenaikan harga chipset beredar. Pada bulan Juni lalu, analis Ming-Chi Kuo meramal kenaikan harga yang lebih besar, sekitar 25-30%. Tipster Ice Universe juga mengatakan harga Snapdragon 8 Gen 4 naik sekitar 20,68%, seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (1/10/2024).

Jika vendor ponsel harus membayar biaya yang lebih mahal untuk komponen penting seperti chipset, kemungkinan besar mereka akan membebankan kenaikan harganya ke konsumen. Jadi jangan kaget kalau harga ponsel Android flagship yang rilis tahun ini dan tahun depan akan naik.

Saat ini baru ada bocoran harga Xiaomi 15 series yang kabarnya akan dijual dengan harga mulai dari 4.599 Yuan. Sebagai perbandingan, Xiaomi 14 tahun lalu dijual di China dengan harga mulai dari 3.999 Yuan.

Walau harganya naik, setidaknya bocoran Snapdragon 8 Gen 4 dan Dimensity 9400 mengindikasikan peningkatan performa yang signifikan. Bahkan Vivo X200 Pro yang mengusung Dimensity 9400 belum lama ini mencetak skor AnTuTu tertinggi dan jadi ponsel pertama yang menembus 3 juta poin.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version