Jumat, Oktober 25

Jakarta

Google merilis pembaruan Android 15 untuk deretan perangkat Pixel sejak seminggu lalu, dan sayangnya pembaruan tersebut membuat Pixel 6 mati total atau matot.

Dilansir Android Police, Selasa (22/10/2024), sejumlah pengguna Pixel 6 mengeluhkan perangkatnya itu mati total setelah diperbarui ke Android 15. Tepatnya pengguna yang memperbarui ke Android 15 dan mengaktifkan fitur Private Space.

Masalah ini dilaporkan oleh dua pengguna Reddit dengan nama akun GegoByte dan Homer_95. GegoByte mengaku Pixel 6-nya langsung mati setelah membuka aplikasi di Private Space. Sementara Homer_95 mengaku Pixel 6-nya mati mendadak saat sedang dipakai, padahal baterainya masih mencukupi.


Keduanya mendeskripsikan kondisi Pixel 6 mereka saat ini adalah mati total, dan tak bisa dinyalakan dengan berbagai cara, termasuk menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, ataupun menghubungkan Pixel 6 ke komputer menggunakan kabel.

Kemudian ada dua orang pengguna Reddit lain yang melaporkan Pixel 6-nya juga mati total setelah pembaruan tersebut. Tampaknya, penyebab utama masalah ini adalah user profile, sama seperti masalah yang terjadi saat pembaruan Android 14.

Seperti diketahui, Pixel 6 punya sejarah tak bagus soal pembaruan Android. Tahun lalu, saat pembaruan Android 14 dirilis, sejumlah pengugnanya juga mengeluhkan masalah yang terjadi di Pixel 6, yaitu storage yang mendadak penuh. Lalu pada awal 2024 sejumlah pengguna Pixel 6 mengeluhkan ponselnya itu tiba-tiba matot setelah di-factory reset.

Selain Private Space, Android 15 juga menghadirkan pembaruan untuk perangkat foldable dan tablet. Yaitu pengguna Android 15 bisa melakukan “pin” dan “unpin” aplikasi ke taskbar, sehingga lebih mudah diakses. Lalu untuk aplikasi yang memang sering dipakai secara “side by side”, pengguna bisa membuat shortcut khusus untuk membuka aplikasi tersebut secara bersamaan.

Sementara itu tambahan fitur yang muncul lewat “feature drops” adalah Theft Detection Lock, yang membuat ponsel otomatis terkunci saat mendeteksi adanya pencurian atau penjambretan. Ada juga fitur Remote Lock yang membuat pengguna bisa mengunci ponsel dari jarak jauh menggunakan ponsel Android lain.

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version