Senin, Juli 1

Jakarta

Banyak pembeli yang pelit dan tak mau rugi saat beli makanan. Beberapa dari aksi pembeli ini justru membuat penjual makanan jadi rugi besar.

Ketika menjual makanan atau membuka restoran, pemilik sampai pegawai harus siap menghadapi berbagai karakter pembeli yang berbeda. Ada pembeli idaman yang tak banyak macam dan royal saat membeli makanan.

Kemudian ada juga pembeli yang tak mau merepotkan penjual makanan. Tapi tak sedikit pembeli memiliki sifat menyebalkan karena tak mau rugi, pelit sampai merugikan penjual makanan sampai pihak restoran.


Dilansir dari berbagai sumber (25/06), berikut beberapa aksi pelit para pengunjung restoran yang membuat membuat restoran merugi.

1. Bawa Pulang Daging AYCE

Duh! 5 Aksi Pembeli Makanan Pelit Ini Bikin Penjual Rugi Foto: Visual/Site

Kejadian ini baru saja terjadi di restoran di Sarawak, Malaysia bernama Husky Group Bintulu. Restoran ini menwarkan menu buffet yang bisa diambil sepuasnya. Lalu ada pengunjung yang datang dengan keluarganya dan membayar tagihan makan sekitar RM 163.30 (Rp 541.000).

Awalnya tidak ada yang aneh, sampai akhirnya mereka memesan 600 piring berisi daging. Ternyata diketahui bahwa 600 piring daging itu tidak dimasak di sana, melainkan untuk dicuri dan dibawa pulang secara diam-diam.

Faktanya jelas-jelas pihak restoran memiliki peraturan bahwa semua makanan dan daging yang disediakan hanya boleh dimakan di dalam restoran. Menu itu juga tak boleh dibawa pulang.

2. Tren Bawa Makanan Sendiri ke Restoran

Duh! Wanita Ini Tega Siramkan Kuah Hotpot Panas ke TemannyaBawa Makan sendiri Foto: Ilustrasi iStock

Sempat ada tren yang menyebar di sosial media China. Pengunjung restoran hot pot merasa tertantang untuk membawa bahan-bahan mentah secara diam-diam, saat mereka bersantap di sana.

Masalahnya yang diselundupkan ke restoran hot pot bukanlah sayuran kecil atau bumbu, melainkan ayam utuh yang masih mentah, hingga daging ikan mentah yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong di dalam tas mereka. Orang-orang ini kemudian memasukkan ayam hingga ikan mentah itu ke dalam panci hot pot, ketika pegawai restoran hot pot tidak ada.

Kebanyakan orang melakukan tren ini sebagai lucu-lucuan saja, apalagi kebanyakan restoran hot pot di China, melarang keras pengunjungnya membawa makanan atau bahan makanan sendiri dari luar. Selain menyelundupkan ikan dan ayam mentah, beberapa orang juga membawa beragam sayuran yang cukup besar. Tentunya hal ini tetap membuat restoran rugi besar.

3. Komplain Makanan Biar Tidak Bayar

Duh! 5 Aksi Pembeli Makanan Pelit Ini Bikin Penjual Rugi Foto: Visual/Site

Seorang pasangan kekasih tertangkap membuat kegaduhan di restoran di Yunani. Kejadiannya bermula ketika pasangan ini menghabiskan makanan yang dipesan, tapi mereka tiba-tiba komplain hingga berteriak dan meninggalkan restoran tanpa membayar.

Pihak restoran awalnya sempat bingung dengan situasi yang terjadi. Ternyata setelah diselidiki pasangan ini sebelumnya juga melakukan komplain di restoran lain dan kabur meninggalkan tagihan makanan mereka.

Seorang pekerja restoran di salah satu restoran tersebut akhirnya membuat unggahan untuk memperingati restoran lainnya. “Hati-hati dengan pasangan ini. Setelah makan, mereka akan komplain dan menolak untuk bayar tagihan. Kami menjadi restoran ketiga korban dari taktik yang dilakukannya,” tulis unggahan pada akun Facebook resmi restoran.

Membagikan
Exit mobile version