Jakarta –
Kejadian menghebohkan terjadi di restoran ini. Dalam sebuah klip video terlihat pelanggan wanita diusir dari restoran secara halus karena hanya duduk tanpa pesan makan.
Pelanggan yang datang ke restoran diharapkan memesan menu-menu makanan dan minuman yang tersedia di sana. Jangan sampai hanya sekadar menumpang ‘duduk’ tanpa membeli produk apapun.
Sekalipun memang ada tempat makan yang memperbolehkan pelanggan mampir dan duduk tanpa membeli apapun. Namun, lebih baik pelanggan tetap membeli sesuatu, meski hanya menu yang termurah atau air putih.
Pembelian produk ini dianjurkan agar restoran setidaknya tidak begitu rugi. Begitu juga dengan pelanggan, dimana mereka bisa lebih aman dan bebas berlama-lama di restoran itu. Jangan sampai hanya duduk tanpa beli makanan dan berujung diusir seperti turis ini.
Melansir NSTViral.com (23/12/2024), sebuah klip video yang diunggah akun TikTok @erwanyusuff44 menunjukkan manajer restoran di salah satu gerai makanan Penang International Airport melakukan gerakan seperti mengusir secara halus pelanggan wanita yang duduk di area meja dan kursi makan mereka.
Wanita itu terlihat sedang menggunakan laptopnya di meja restoran yang sebenarnya ditujukkan khusus pelanggan.
Diketahui pelanggan yang tidak memesan makanan apapun adalah turis asal China. Foto: TikTok @erwanyusuff44
|
Pada 30 menit pertama, wanita itu masih sibuk dengan laptopnya dan tidak ada satupun makanan atau minuman yang ia pesan. Melihat hal ini, manajer restoran masih diam.
“Dia duduk di sana lebih dari 30 menit tanpa membeli segelas air sekalipun,” tulis keterangan di video.
Lalu ada pegawai restoran yang menghampiri pelanggan wanita tersebut berusaha untuk menanyakan pesanannya. Namun, wanita itu mengabaikan dan justru fokus terhadap laptop.
Setelah beberapa kali pegawai gagal menerima pesanan, manajer restoran akhirnya turun tangan. Menurut laporan dari NST Viral, manajer restoran berusaha mengusir pelanggan dengan cara halus. Pertama, manajer itu menghampiri meja wanita ini lalu meletakkan tasnya di lantai.
|
Namun, pendekatan tersebut ternyata belum bisa membuat pelanggan ini bergerak. Dia pun tetap melihat ke layar laptopnya.
Manajer restoran lalu melakukan cara lain. Kali ini manajer restoran memindahkan satu kursi kosong di meja wanita itu, lalu meletakkan barang-barangnya di lantai. Sampai-sampai manajer restoran ini juga memindahkan meja tempat pelanggan menaruh laptopnya ke area lain.
|
Pelanggan wanita yang diduga turis asal China itu pun berujung berdiri. Meskipun begitu, pelanggan ini tetap terlihat masih fokus dengan laptopnya.
“Dia menolak memesan makanan apapun dan hanya santai duduk di kursi tempat pelanggan. Kami mencoba mendekatinya, tetapi ia mengabaikan kami,” jelas keterangan video tersebut.
Menurut pihak restoran, mereka sudah mengatasinya dengan cara halus, dimana pelanggan itu hanya perlu memesan sesuatu, lalu bisa menikmati fasilitas yang ada. Mereka pun tidak masalah jika wanita itu hanya pesan air putih. Namun, ternyata memang turis itu tidak mau pesan apa-apa dan hanya memanfaatkan meja dan kursi restoran ini.
Unggahan video ini pun ramai dibanjiri komentar netizen. Beberapa orang setuju dengan sikap manajer restoran. Namun, ada juga yang kurang setuju.
Seorang netizen yang mendukung manajer restoran ini berkomentar, “Sudah diusir tapi masih aja berdiri kayak gitu. Nggak boleh duduk tempat orang kalau tidak beli apapun.”
“Bagus manajer,” ungkap netizen lain.
Netizen yang kurang setuju berkomentar, “Biarlah…banyak meja kosong juga kan.”
(aqr/adr)