Jumat, Oktober 11

Jakarta

Sempat santer teori konspirasi bahwa Bill Gates adalah manusia reptil atau bagian dari ‘lizard people’. Dalam series dokumenter Netflix terbaru, Gates menjawabnya.

Teori liar itu menyebut bahwa ada segelintir orang yang sebenarnya adalah alien yang pertama kali sampai ke Bumi pada zaman dulu. Kemudian, mereka melakukan manipulasi DNA dan perkawinan dengan populasi manusia. Lizard people dikenal pada tahun 2008-an dan digadang jadi salah satu konspirasi ‘tersukses’ karena menarik perhatian banyak orang.


Nah, di salah satu episode ‘What’s Next? The Future with Bill Gates’, founder Microsoft itu menjawab tuduhan bahwa dia bagian dari ras reptilian dan mencoba memaksa orang untuk memakan serangga.

“Saya akan merasa sangat buruk jika melakukan itu,” katanya.

Dalam series dokumenter tersebut, Gates menjawab berbagai rumor mengerikan yang dialamatkan padanya. Tuduhannya termasuk apakah benar dia meminum darah bayi untuk hidup abadi — yang tentu saja tidak.

Misinformasi hanyalah salah satu dari beberapa topik yang dibahas. Pada episode pertama, pembahasannya terkait kecerdasan buatan. Ada juga beberapa episode lain yang membahas krisis iklim, kesenjangan pendapatan, dan kesehatan masyarakat. Di setiap episode, dihadirkan beberapa ilmuwan, politisi, jurnalis, profesional medis, hingga artis terkenal di dunia Lady Gaga.

Tak cuma itu, anak Gates yakni Phoebe (22) turut berbagi pengalamannya sendiri dengan misinformasi terkait sang ayah. Dia mengungkapkan bahwa teman-temannya sampai menjauhinya karena rumor terkait vaksin yang membawa-bawa nama Bill Gates.

Walau bisa membalas santai soal rumor mengenai dirinya, Gates punya kekhawatiran. Gates cemas tentang potensi konsekuensi misinformasi yang tidak terkendali, terutama dalam konteks pandemi di masa mendatang.

(ask/afr)

Membagikan
Exit mobile version