Minggu, Oktober 6

Jakarta

Konsumsi bawang banyak dikaitkan dengan efek sampingnya menimbulkan bau badan. Ternyata ada khasiat khusus dari kebiasaan konsumsi bawang dalam keadaan mentah.

Bawang menjadi salah satu bumbu dapur yang krusial fungsinya. Dalam berbagai masakan bawang diperlukan untuk memberikan rasa yang sedap agar hidangannya enak disantap.

Tetapi banyak mitos yang dipercaya terkait bawang. Salah satunya adalah kepercayaan bahwa konsumsi bawang dapat menimbulkan bau badan atau memicu aroma tubuh terlalu kuat.


Ternyata berdasarkan penelitian ahli gizi, konsumsi bawang justru dapat memberikan beberapa khasiat khusus. Setidaknya ada lima manfaat yang didapatkan tubuh dengan konsumsi bawang dalam kondisi mentah.

Baca juga: Apa Benar Asupan Kafein Bisa Overdosis? Ini Kata Ahli Kesehatan

Berikut ini 5 manfaat konsumsi bawang mentah mengutip Wionews:

Konsumsi bawang mentah dapat menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Foto: Getty Images/ImagingStocker

1. Menyehatkan jantung

Bawang secara alami memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi. Salah satunya adalah antioksidan yang dibutuhkan untuk melindungi fungsi organ tubuh.

Konsumsi makanan tinggi antioksidan seperti bawang salah satu khasiatnya dapat menyehatkan jantung. Alasannya jantung begitu rentan dengan inflamasi dan kadar kolesterol yang tinggi.

Dengan mengonsumsi bawang tubuh akan memiliki bantuan untuk mengendalikan trigliserida dan kadar kolesterolnya. Sehingga tidak ada komponen yang nantinya akan memblokir atau menghalangi kelancaran darah dari dan ke jantung.

2. Kaya antioksidan

Kehebatan bawang dalam kandungan mineralnya tidak lagi diremehkan oleh para ahli. Apalagi jika berbicara fokus pada kandungan antioksidan yang bisa didapatkan dengan konsumsi bawang mentah.

Bawang dalam keadaan mentah secara alami memiliki 17 jenis flavonoid di dalamnya. Flavonoid ini merupakan kandungan yang bekerja sebagai antioksidan ketika masuk dan diserap oleh tubuh.

Sehingga menambahkan bawang ke dalam makanan secara tidak langsung dapat melindungi organ tubuh bekerja sesuai fungsinya. Begitu pula membantu menghalau radikal bebas untuk mengganggu sistem yang ada di dalam tubuh.

Bawang mentah juga bisa cegah kanker dan bakteri di halaman berikutnya.

Membagikan
Exit mobile version